Sukses

Performa iPhone X Belum Mampu Hentikan Pertumbuhan Android

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Kantar merilis statistik mengenai performa iOS dan Android selama tiga bulan yang berakhir pada November 2017. Berdasarkan data itu, iPhone X merupakan smartphone paling laris di beberapa pasar penting, tapi hal itu tidak membuat pertumbuhan Android terhenti.

iPhone X menguasai sekitar 14,4 persen penjualan smartphone di Inggris pada November, sehingga membantu Apple meraih pangsa pasar tertinggi lebih dari tiga tahun.

Selain itu, iPhone X juga menduduki posisi pertama di Jepang dengan 18,2 persen pangsa pasar, diikuti iPhone 8 dengan 17,2 persen.

iPhone X juga laris manis di Tiongkok dengan 6 persen pangsa pasar, meski penjualannya masih di bawah iPhone 8 dan 8 Plus di Amerika Serikat (AS).

Tiga varian iPhone 2017 merupakan tiga smartphone paling laris di AS, sedangkan Galaxy S8 hanya menduduki peringkat ke enam. Kendati demikian, berbagai pencapaian itu ternyata belum cukup untuk menghentikan pertumbuhan smartphone berbasis Android.

Di Inggris, misalnya, pangsa pasar Android naik 5,5 persen menjadi 56,1 persen. Secara keseluruhan di lima negara Eropa, yaitu Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris, naik 2,6 persen menjadi 75,1 persen pangsa pasar.

1 dari 2 halaman

Pertumbuhan Apple di Tiongkok

iOS di AS mengalami penurunan 3,8 persen menjadi 39,8 persen jika dibandingkan satu tahun lalu, sedangkan Android naik 4 persen dengan total 59,4 persen pangsa pasar.

Tiongkok hanya satu-satunya pasar dengan performa iOS yang lebih baik dibandingkan Android. iOS naik 4,6 persen, sedangkan Android turun dengan jumlah yang sama.

"Apple kini telah kembali melalui iPhone X sebagai smartphone top di Tiongkok pada November 2017 dengan pangsa pasar 6 persen. Tidak seperti Eropa dan AS, di mana mayoritas penjualan awal iPhone X berasal dari pemilik iPhone yang telah ada, di Tiongkok justru banyak pengguna Huawei, Xiaomi, dan Samsung beralih ke iPhone terbaru," kata Global Director Kantar, Dominic Sunnebo, seperti dikutip dari Softpedia, Jumat (12/1/2018).

Performa penjualan iPhone X yang dianggap belum maksimal pada November tahun lalu, dipengaruhi oleh keterbatasan suplai unit di setiap pasar.

Apple diperkirakan akan mencatat pertumbuhan di berbagai pasar penting karena perusahaan sudah mulai menyelaraskan produksi dengan permintaan pada Desember 2017.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Belum Setahun, Apple Setop Produksi iPhone X?
Artikel Selanjutnya
Adopsi iOS 11 Tembus 65 Persen