Sukses

Zhou Youguang Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Laman utama pencarian Google dihiasi oleh animasi sosok pria berkacamata didampingi dengan beberapa buku dan aksara Mandarin.

Liputan6.com, Jakarta - Bila buka laman Google hari ini, Sabtu (13/1/2018), kamu bakal melihat animasi sosok pria berkacamata didampingi dengan beberapa buku dan aksara Mandarin.

Jika kursor diletakkan di atas doodle tersebut, muncul tulisan yang memperingati hari ulang tahun Zhou Youguang ke-112. Siapa dia?

Dikutip dari laman Wikipedia, Zhou Youguang, adalah seorang ekonom, bankir, ahli linguistik, sinologi, penerbit, dan supercentenarian Tiongkok, yang dikenal sebagai "Bapak Pinyin".

Pinyin merupakan sebuah sistem romanisasi bahasa Mandarin yang resmi dipergunakan oleh pemerintah Tiongkok sejak 1958, Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) (1982), dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (1986).

Lahir di Changzhou pada 1960, Zhou sudah menunjukkan minatnya pada linguistik. Ia pun berhasil lulus dari sekolah menengah dengan prestasi yang luar biasa.

Meski cerdas, Zhou harus menghadapi kenyataan dirinya tak akan mampu meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas St Johns di Shanghai karena tidak memiliki uang.

Beruntung, keluarga dan teman-temannya mampu membantu dengan mengumpulkan sejumlah uang untuk Zhou. Di sekolah, dia mengambil jurusan ekonomi dan mengikuti kursus linguistik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awali Karir sebagai Bankir

Usai ikut berjuang selama Perang Dunia ke-2, Zhou memutuskan untuk tinggal di kota New York dan London, dimana ia bekerja di sebuah bank Tiongkok.

Baru pada 1955, Zhou mulai serius mengerjakan romanisasi bahasa Mandarin. Saat itu, pemerintah menempatkan Zhou sebagai kepala komite bahasa Mandarin dalam rangka meningkatkan melek huruf.

Meski sempat menolak dengan mengatakan linguistik hanya sebatas hobi, Zhou akhirnya mengabadikan diri selama 3 tahun untuk 'mengodok' bahasa Mandarin hingga menjadi bahasa nasional dan berhasil menciptakan aksara yang sederhana.

Berkat Zhou jugalah, bahasa Mandarin kini menjadi lebih mudah dipahami. Tak hanya digunakan oleh anak-anak sebagai cara pengenalan aksara, Pinyin nyatanya juga digunakan untuk mengetik bahasa Mandarin di smartphone maupun perangkat komputer.

Tak hanya itu, Zhou juga sudah menulis lebih dari 40 judul buku. Ia juga menerjemahkan Encyclopedia Britannica ke dalam bahasa Mandarin yang mendapat julukan “Ensiklopedia Zhou”.

Diketahui, Zhou Youguang meninggal di rumahnya di Beijing pada 14 Januari 2017. Tepat sehari setelah ulang tahunnya yang ke-111.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.