Sukses

Boks Penjualan Bocor di Internet, Ini Spesifikasi Galaxy S9?

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan jelang perilisannya, spesifikasi Samsung Galaxy S9 kembali beredar di internet. Kali ini, spesifikasi bocor melalui foto boks penjualan smartphone tersebut.

Mengutip laman Daily Mail, Sabtu (13/1/2017), foto boks Galaxy S9 itu pertama kali diunggah ke media sosial Reddit dan tampak sederetan spesifikasi Galaxy S9.

Berdasarkan informasi yang tertulis di boks, smartphone yang akan dirilis di Mobile World Congress (MWC) 2018 ini bakal hadir dengan layar jenis AMOLED Quad HD+ 5,8 inci.

Dari boks juga, akhirnya diketahui Galaxy S9 dibekali kemampuan kamera selfie 8MP dan kamera utama 12MP. Kendati begitu, Galaxy S9 akan dibekali fitur perekaman video super slow-mo dengan jumlah frame tiap detiknya mencapai 1.000fps.

Gambar render Galaxy S9 yang beredar di jejaring sosial Weibo (Sumber: Daily Mail)

Samsung belum memberikan konfirmasi terkait harga jual Galaxy S9 ataupun kebenaran spesifikasi dua smartphone tersebut. Kendati begitu, banyak analis memprediksi Galaxy S9 bakal dijual Rp 2 juta lebih mahal dibanding pendahulunya, Galaxy S8.

Sebelumnya, President of Samsung's Mobile Business DJ Koh mengumumkan di acara CES 2018 bahwa Samsung Galaxy S9 akan dibekali asisten virtual cerdas Bixby 2.0. Ia juga mengatakan, perangkat ini bakal dijual mulai April 2018.

1 dari 3 halaman

Bodi Belakang Galaxy S9

Sebuah laporan mengungkap bentuk flagship smartphone Samsung selanjutnya, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Terbaru, bukan bodi depan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang nongol di internet, melainkan foto kover belakang keduanya.

Dalam foto yang beredar di media sosial Tiongkok Weibo, Galaxy S9 Plus memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Galaxy S9. Keduanya sama-sama memiliki bodi dari material kaca.

Pada gambar, Galaxy S9 tampak hadir dengan warna Orchid Grey dan Galaxy S9 Plus hadir dalam warna Midnight Black.

Mengutip laporan Gizmochina, bodi belakang dari Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus mengusung perubahan dibandingkan dengan duo Galaxy S8. Pada duo Galaxy S9, panel pemindai sidik jari ditempatkan di bawah kamera.

Dengan demikian, pengguna tidak akan menyentuh sensor kamera saat hendak mengakses pemindai sidik jari.

Soal kamera, seperti yang selama ini diisukan, hanya Galaxy S9 Plus Samsung yang menempatkan kamera ganda dengan posisi vertikal. Sementara, pada Galaxy S9 tidak dilengkapi kamera ganda.

Seperti Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus akan menggunakan layar S-AMOLED. Namun demikian, layar duo Galaxy S9 mendukung aspek rasio 18,5:9 dan memiliki desain Infinity Display seperti pendahulunya.

Duo Galaxy S9 ini juga didukung dengan OS Android Oreo dengan UI Samsung Experience. 

2 dari 3 halaman

Borong Chipset Snapdragon 845 untuk Galaxy S9

Samsung memilih chipset Snapdragon 845 untuk smartphone seri Galaxy S9, yang akan meluncur Februari 2018.

Beberapa waktu lalu dikabarkan, untuk memastikan tidak kehabisan stok, Samsung kabarnya membeli seluruh unit chipset tersebut yang tersedia dalam gelombang produksi pertama.

Langkah Samsung membeli seluruh chipset dalam tahapan produksi awal, membuat para vendor smartphone lain harus menunggu proses produksi selanjutnya. Hal ini akan menguntungkan bagi Samsung karena bisa menjadi vendor smartphone pertama yang merilis smartphone dengan Snadpragon 845.

Samsung biasanya menggunakan dua chipset untuk seri Galaxy premium. Misalnya, Galaxy S8 yang hadir dengan chipset Exynos 8895 atau Snapdragon 835. Galaxy S8 dengan Snapdragon 835 tersedia untuk pasar Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Demikian seperti dikutip dari GSM Arena.

Penggunaan Snapdragon 835 pada Galaxy S8 sebelumnya juga menyedot perhatian. Pasalnya, saat itu Samsung dilaporkan juga memborong Snapdragon 835 untuk Galaxy S8, sehingga LG harus rela menggunakan versi lama, yaitu Snapdragon 821 untuk flagship G6.

Para vendor smartphone lain menunda peluncuran produk mereka sampai beberapa bulan untuk memastikan mendapatkan pasokan unit Snapdragon 835.

Adapun seri Galaxy S9 dilaporkan meluncur lebih cepat dari pada pendahulunya. Smartphone tersebut kemungkinan diumumkan pada akhir Februari dan penjualannya dimulai pada pertengahan Maret 2018. Namun, sampai saat ini, belum ada pernyataan dari Samsung mengenai waktu peluncuran Galaxy S9. 

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Intip Antusiasme Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Kantongi Sertifikat TKDN, Galaxy S9 Segera Dijual di Indonesia