Sukses

Ikuti 4 Tips Ini untuk Perbaiki SD Card Rusak dan Tak Terbaca

Liputan6.com, Jakarta - Kartu SD card atau yang dikenal dengan memori eksternal sampai saat ini masih jadi perangkat yang paling dibutuhkan, baik untuk pengguna smartphone maupun kamera digital.

Namun, beberapa orang pernah mengalami masalah memori tak terbaca (damage). Memori yang tak terbaca tentu akan menyulitkan kita dalam memindahkan data-data yang ada di dalam memori tersebut.

Berikut adalah 4 tips untuk memperbaiki SD card rusak atau tak terbaca.

1. Membersihkan Kartu Memori

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan memori card yang tak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget.

Selanjutnya kamu bisa membersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil warna putih dan gosok perlahan hingga bersih.

Saat sudah bersih, masukkan kembali kartu memori ke dalam slot memori, kemudian periksa apakah kartu memori sudah terbaca.

Opsi microSD. (Doc: eBay)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Format dari Android

2. Format dari Android

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat kartu memori kembali terdeteksi adalah dengan memformatnya dari perangkat Android.

Caranya, masuk ke menu Setting kemudian pilih opsi Storage. Di dalam menu tersebut, terdapat pilihan Erase SD card.

Dengan menghapus SD card, kamu bisa membuat memorinya bersih seperti baru dan memori pun bisa dibaca kembali.

3 dari 4 halaman

Cek Error dari PC

3. Cek Error dari PC

Kamu juga bisa mengecek error yang terjadi pada memori card melalui personal computer (PC).

Caranya hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Kemudian pastikan Android kamu terhubung dalam mode Mass Storage (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP).

Selanjutnya, buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties kemudian Tools, kemudian Error Checking. Selanjutnya tunggu hingga semua proses selelai.

Kemudian, Eject kartu memori, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

4 dari 4 halaman

Format dari PC

4. Format dari PC

Jika kartu memori (micro SD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer tetapi tidak terbaca di Android, kamu bisa membuka folder baru di HardDisk untuk mem-backup isi kartu memori yang rusak.

Kemudian, Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder tadi. Jika sudah tersalin semua, format kartu memori tersebut. Kemudian, kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat. 

(Tin/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.