Sukses

Soal Panel OLED iPhone, Samsung dan LG Punya Saingan Baru

Samsung dan LG dilaporkan memiliki saingan baru, yang juga ingin menyuplai panel OLED untuk iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dan LG dilaporkan memiliki saingan baru, yang juga ingin menyuplai panel OLED untuk iPhone. Menurut laporan, Japan Display (JDI) dan Sharp akan mencoba bersaing dengan kedua perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) tersebut.

Dilansir Phone Arena, Selasa (16/1/2018), Samsung merupakan satu-satunya penyuplai panel OLED untuk iPhone pada 2017, tapi tahun ini perusahaan dilaporkan tidak hanya akan berbagi pasar dengan LG. JDI dan Sharp juga berambisi menyuplai panel OLED untuk smartphone Apple pada tahun ini.

Sharp kemungkinan akan mulai memproduksi panel OLED lebih dahulu daripada JDI yaitu pada awal semester II 2018. Perusahaan asal Jepang tersebut juga akan menggunakan panel OLED yang sama untuk smartphone miliknya pada tahun ini.

Banyaknya ketertarikan dari para manufaktur layar ini tidak hanya menguntungkan Apple, tapi juga berbagai vendor smartphone lain. Pasalnya, tidak akan ada kendala suplai panel OLED seperti yang dialami oleh Apple pada tahun lalu.

Selain itu, biasanya harga jual akan turun ketika suplai melebihi permintaan. Hal ini akan menjadi kabar baik untuk Apple, terutama karena panel OLED yang pertama kali digunakan pada iPhone X merupakan komponen paling mahal untuk smartphone tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

LG Mulai Suplai Panel OLED untuk Apple Tahun Ini?

LG Display diperkirakan mulai mengapalkan panel OLED untuk Apple pada semester II 2018. Kedua perusahaan sampai saat ini belum memberikan pernyataan, tapi LG sebelumnya pernah menyinggung soal kesepakatan dengan Apple terkait suplai panel OLED.

Tercapainya kesepakatan dengan LG, berarti rencana Apple melepas ketergantungan pada Samsung akan berjalan lancar. Berdasarkan informasi terbaru, LG hanya akan memproduksi sekira 15-16 juta panel OLED pada 2018.

Sebelum laporan soal JDI dan Sharp muncul, Samsung disebut akan memproduksi sebagian besar panel OLED berukuran 5,8-6 inci, sedangkan LG berkonsentrasi pada panel 6,5 inci. Namun dengan kehadiran JDI dan Sharp, pembagian produksi kemungkinan akan berubah.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.