Sukses

Ini Bahaya Gunakan Smartphone Sebelum Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Gadget merupakan salah satu benda yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini karena kebutuhan terhadap gadget mulai dari smartphone hingga laptop, berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

Frekuensi penggunaan gadget yang tinggi, pada akhirnya membuat kita seringkali menggunakannya di setiap kesempatan termasuk saat sudah waktunya tidur. Padahal, hal itu memiliki beberapa risiko yang dapat membahayakan kesehatan.

Layar pada gadget dinilai memiliki berbagai dampak untuk para pengguna jika digunakan secara terus-menerus. Berikut ini sejumlah bahaya menggunakan gadget secara nonstop, termasuk sampai saat sebelum tidur:

1. Pengaruh layar gadget pada otak

Kalian mungkin sering mendengar tentang bahaya layar gadget karena bisa menyebabkan radiasi, yang berdampak buruk bagi tubuh manusia. Nyatanya, hal itu terbukti memang benar terutama saat malam hari menjelang waktu tidur.

Radiasi yang ditimbulkan layar menyebabkan interaksi ringan terhadap otak. Hal ini bisa berdampak pada penurunan fungsi otak. Apalagi jika secara reguler menggunakan gadget di malam hari sebelum tidur, maka fungsi otak akan lebih cepat mengalami penurunan.

1 dari 3 halaman

Bahaya Gunakan Gadget Sebelum Tidur (II)

2. Efek samping berbahaya

Ilustrasi Smartphone. Credit: Abdillah

Ada beberapa efek samping pada tubuh jika menggunakan gadget sebelum tidur. Efek samping ini terjadi dalam jangka pendek dan panjang.

Efek jangka pendek antara lain pola tidur yang tidak teratur dan secara tidak langsung membuat waktu istirahat otak berkurang. Jangka panjangnya, penurunan fungsi otak yang terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan bahan kimia otak ikut terkena dampak.

Hal itu bisa berujung pada hilang fokus dan stres. Risiko lainnya termasuk seperti gangguan penglihatan akibat radiasi layar gadget, yang langsung menyerang mata.

2 dari 3 halaman

Cara Mengurangi Risiko

Ilustrasi menggunakan smartphone (pixabay.com)

Berbagai bahaya yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan gadget di malam hari alias sebelum tidur, memang bisa dicegah atau setidaknya diminimalisasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara pertama, yaitu mengurangi penggunakan gadget secara berlebihan. Matikan semua perangkat smartphone atau laptop pada malam hari. Kalian harus berkomitmen untuk menetapkan waktu istirahat dengan tepat.

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, turut melahirkan alat-alat untuk mendukung kesehatan penggunanya. Jika memang kalian merasa sangat perlu menggunakan gadget pada malam hari, seperti untuk bekerja atau mengirim pesan penting, maka gunakan aksesoris pelindung. Aksesori ini misalnya, screen protector (pelindung layar) yang bisa menangkal radiasi sinar UV.

(Din/Cas)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Hindari Phishing, Apple Tingkatkan Keamanan di iOS dan MacOS
Artikel Selanjutnya
Kerap Menunda Bangun Tidur, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh