Sukses

Bahaya Mendengarkan Musik di Smartphone Saat Tidur, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kegiatan yang dihabiskan sambil menunggu tidur adalah mendengarkan musik di smartphone. Bahkan, tak sedikit pengguna melakukan hal tersebut agar dapat lebih mudah terlelap. 

Namun, tanpa disadari ternyata ada bahaya yang mengintai ketika mendengarkan musik di smartphone saat ingin tidur. Tak hanya kesehatan, bahaya itu juga dapat berdampak pada perangkat yang digunakan.

Lantas, apa saja bahaya dari mendengarkan musik sambil mendengarkan musik? Untuk menjawabnya, berikut ini ada tiga hal berbahaya yang terjadi saat memakai smartphone sebelum tidur.

1. Mengganggu Waktu Istirahat

Meski dianggap membantu saat akan tidur, mendengarkan musik saat akan tidur ternyata malah tubuh untuk beristirahat. Alasannya, saat mendengarkan musik di smartphone, otak tak bisa benar-benar istirahat dan tetap aktif.

Hal itu tentu mengganggu tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jika, hal itu dilakukan terus menerus, bukan tak mungkin kegiatan sehari-hari dapat terganggu karena tubuh masih kelelahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Baterai Smartphone

Saat mendengarkan musik di smartphone saat akan tidur, hampir pasti kamu akan meninggalkannya hingga terlelap dan tak sadar bahwa lagu masih menyala. Akibatnya, smartphone dapat mati dalam keadaan baterai kosong.

Kondisi tersebut sebenarnya dapat memengaruhi kondisi baterai sehingga tak dapat berjalan optimal. Jika kamu mendengarkan musik sambil mengisi daya dan ditinggalkan semalaman, umur baterai juga dapat menjadi lebih pendek.

3. Mendengarkan via Earphone atau Speaker

Saat mendengarkan musik di smartphone melalui speaker terutama dalam volume yang terlalu keras, ternyata berpengaruh pada kualitas speaker. Selain suara yang dihasilkan pecah, speaker juga menjadi lebih mudah robek.

Di sisi lain, saat menggunakan earphone untuk mendengarkan musik juga tak kalah bahaya. Menurut studi, earphone menyimpan banyak bakteri yang membuat telinga dapat terancam infeksi.

Lantas, seperti apa cara untuk mengatasi bahaya-bahaya tersebut? Salah satu cara yang paling mudah adalah memasang aplikasi timer lagu di smartphone. Dengan cara ini, kamu dapat menyetel pemutar musik untuk mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan.

(Dam/Cas)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.