Sukses

Xiaomi Atasi Bugs di Mi A1

Liputan6.com, Jakarta - Tak butuh waktu lama bagi Xiaomi merilis pembaruan Android Oreo untuk Mi A1 yang sempat bermasalah. Perusahaan asal Tiongkok itu dilaporkan telah menggulirkan pembaruan untuk mengatasi bug di Mi A1.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (16/1/2018), pembaruan ini menghadirkan sejumlah penyelesaian masalah, seperti reboot yang berulang, baterai yang begitu boros saat memakai Bluetooth, dan masalah lainnya.

Selain itu, fungsi gestur di pemindai sidik jari juga kembali hadir dengan digulirkannya pembaruan ini. Tak lupa, Xiaomi juga menyertakan patch keamanan Android Januari.

Untuk informasi, saat meluncur pertama kali, update Android Oreo Mi A1 masih dibekali dengan patch keamanan Android pada Desember.

Bagi pengguna yang sudah memasang Android Oreo di perangkat Mi A1-nya, pembaruan ini hanya berukuran sekitar 90MB. Namun, jika pengguna sama sekali belum melakukan update ke Oreo, file pembaruan ini berukuran sekitar 1,12GB.

Sekadar diketahui, beberapa hari lalu, Xiaomi sempat menghentikan sementara pembaruan untuk Android Oreo. Alasannya, sejumlah pengguna melaporkan perangkat Mi A1-nya memiliki banyak bugs setelah diperbarui ke sistem operasi tersebut.

Ada beberapa jenis bugs yang dilaporkan pengguna, namun yang paling parah adalah baterai yang lebih boros, terutama saat fitur Bluetooth diaktifkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendapat Android Oreo Akhir Desember 2017

Sebelumnya akhir Desember 2017 tepatnya pada tanggal 31 Desember 2017, pengguna smartphone Android One Xiaomi Mi A1 mulai kebagian update OS Android Oreo 8.0.

Hal ini diumumkan Xiaomi Indonesia lewat akun Twitternya @xiaomiindonesia pada 31 Desember 2017.

"Kejutan akhir tahun! Untuk pengguna Mi A1, sebentar lagi update yang sudah ditunggu-tunggu akan datang! Tapi pastikan dulu kalau kamu sudah punya update terbaru di Desember 2017 (7.12.19) buat menerima Andoid O," kicau akun Twitter Xiaomi.

Sementara itu, berdasarkan laporan yang dikutip dari Phone Arena, karena hadir dalam jajaran smartphone Android One, Xiaomi Mi A1 termasuk sebagai salah satu smartphone yang paling awal mendapat update Android Oreo.

Sebelumnya, Xiaomi memang menjanjikan smartphone-nya yang telah rilis di sejumlah negara Asia (termasuk Indonesia) dan beberapa negara di Eropa ini bakal mendapat update Android Oreo sebelum akhir tahun.

Xiaomi pun menepati janjinya dengan merilis pembaruan OS Android Oreo 8.0 tepat pada akhir tahun, yakni 31 Desember 2017.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Mi A1

Sekadar diketahui, Xiaomi Mi A1 hadir dengan desain yang identik dengan Mi 5X. Smartphone ini mengusung layar 5,5 inci Full HD 2,5D berbalut material Corning Gorilla Glass.

Adapun rangka bodinya tetap mengadopsi konsep unibody dengan lekukan pinggir melengkung. Secara keseluruhan, bodi Mi A1 dibalut dengan material aluminium yang membuatnya tampak lebih elegan.

Menyoal dapur pacu, Mi A1 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core, RAM 4GB, dan memori internal 64GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD.

Kamera merupakan fitur yang diunggulkan Xiaomi pada Mi A1. Kamera utama smartphone ini memiliki dua lensa beresolusi 12MP (megapiksel), dengan satu lensa berfungsi untuk wide-lens, dan satunya lagi khusus telephoto.

Tak lupa, dalam smartphone ini tersemat fitur keamanan fingerprint scanner. Mi A1 dijual di Authorized Mi Store dan Lazada Indonesia seharga Rp 3.099.000.

Selain tiga varian warna yang sebelumnya sudah hadir, yakni rose gold, black, dan gold, Desember lalu Xiaomi juga menghadirkan Mi A1 varian warna merah dengan spesifikasi dan banderol harga yang sama. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.