Sukses

Samsung Bakal Bagi Android Oreo ke Galaxy S6?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan secara bertahap telah mulai menggelar program beta OS Android 8.0 Oreo untuk produknya. Salah satu perangkat yang disebut-sebut akan segera mendapat pembaruan adalah Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Namun, kabar terbaru menyebut perusahaan juga tak meninggalkan seri smartphone premiumnya yang terbilang lawas. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (17/1/2018), Galaxy S6 yang rilis pada 2016 disebut juga akan mendapatkan pembaruan tersebut.

Informasi ini diketahui jawaban layanan pelanggan Samsung pada salah satu pengguna. Menurutnya, Galaxy S6 akan mendapat pembaruan Android Oreo dan diperkirakan siap meluncur pada Februari tahun ini.

Kendati demikian, informasi ini tak dapat ditelan mentah-mentah. Alasannya, Samsung dapat saja mengubah rencana tersebut tergantung dengan pengembangan yang dilakukan oleh tim teknis.

Di sisi lain, pembaruan Android biasanya hanya berlaku untuk perangkat yang berusia dua tahun. Sementara, usia Galaxy S6 di saat ini sudah menginjak tiga tahun.

Tak hanya itu, Samsung harusnya lebih dulu menyiapkan Android Oreo untuk Galaxy S7, sedangkan hingga saat ini belum kabar pasti mengenai kehadiran sistem operasi anyar di perangkat tersebut.

Samsung sendiri hingga saat ini memang belum mengungkap daftar resmi perangkat yang akan memperoleh Android Oreo. Karena itu, tak ada salahnya menunggu kepastian kabar ini hingga bulan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Beta OS Android Oreo untuk Galaxy S8

Menurut laporan terbaru, Samsung juga sudah meluncurkan program beta Android Oreo tahap satu di Inggris, Amerika Utara dan Korea Selatan. Lalu, gelombang kedua program beta akan menyambangi wilayah Tiongkok, Jerman, Prancis, India, Polandia, dan Spanyol.

Pengguna yang beruntung bisa mengikuti program tersebut melalui aplikasi Samsung Members. Aplikasi ini bisa diunduh dari Galaxy Apps dan Google Play Store.

Sejauh ini belum diketahui apakah Samsung membatasi jumlah pengguna yang bisa mengikuti program tersebut, atau semuanya bisa ikut serta.

Namun, pengguna Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus tampaknya akan segera mendapatkan versi final dari Android 8.0 Oreo. Pasalnya, Samsung telah merilis versi beta Android Oreo untuk kelima kalinya.

Peluncuran versi beta ini untuk mengatasi berbagai masalah pada versi sebelumnya. Akan tetapi, tampaknya tidak ada fitur baru atau yang dihapus pada versi beta kelima Android Oreo untuk Galaxy S8 dan S8 Plus ini.

Pembaruan software ini memakan memori penyimpanan 615MB, meski hanya untuk mengatasi bug. Jika kalian termasuk salah satu yang mengikut program beta, kemungkinan besar update OS tersebut sudah tersedia.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.