Sukses

Resmi Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A8

Liputan6.com, Jakarta - Samsung pada hari ini merilis smartphone perdananya di tahun 2018, yakni Galaxy A8 dan Galaxy A8+.

Kedua smartphone kelas menengah ini hadir dengan desain bezeless alias Infinity Display. Desain Infinity Display sebelumnya pertama kali diperkenalkan Samsung pada seri flagship-nya, Galaxy S8 dan S8+ pada awal 2017 lalu.

Presiden Direktur Samsung Indonesia Jaehoon Kwon mengatakan, dari pertama kali dirilis Samsung pada 2015, varian seri Galaxy A menyasar kaum milenial. Menurut Kwon, Fitur-fitur Samsung Galaxy lini A dirasa bisa memenuhi kebutuhan kaum milenial.

"Seiring perkembangannya, pada 2018 milenial ingin lebih banyak lagi, baik dari segi desain maupun fitur. Oleh karenanya, Galaxy A8 dan A8+ hadir dengan desain premium Infinity Display seperti pada Galaxy S8 dan Note 8," kata Kwon di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Kwon lebih lanjut mengatakan, Infinity Display memungkinkan layar smartphone lebih besar dalam bodi yang kecil. "Dengan layar lebih besar, (perangkat ini) menjanjikan pengalaman sinematik yang lebih memuaskan," kata Kwon.

Tidak cuma pada desain, Samsung, kata Kwon, juga menghadirkan kamera yang kualitasnya serupa dengan flagship smartphone, terutama di bidang selfie.

Sekadar informasi, Galaxy A8 dan A8+ dilengkapi dengan teknologi dual front camera (kamera selfie ganda) yang dilengkapi kemampuan Live Focus dan aperture F1.7.

Galaxy A8 juga dibekali dengan asisten cerdas Bixby Vision, teknologi keamanan fingerprint, dan face recognition, serta sertifikat IP68 yang membuat smartphone tahan terhadap air.

Galaxy A8 hadir dengan layar 5,8 inci dan Galaxy A8+ memiliki layar 6 inci dengan desain Infinity Display. Dengan begitu, saat digenggam kedua smartphone ini tidak terasa besar, melainkan nyaman dalam satu genggaman tangan.

Dari sisi warna, Galaxy A8 dan Galaxy A8+ hadir dalam tiga varian warna yakni Orchid Gray, Black, dan Gold.

1 dari 2 halaman

Spesifikasi Galaxy A8 dan A8+

Galaxy A8 (2018) hadir dengan desain khas smartphone premium Samsung, yakni Infinity Display. Sejumlah fitur yang biasanya dihadirkan Samsung pada perangkat premium dibenamkan pada kedua smartphone ini.

Misalnya saja, untuk urusan fotografi smartphone ini didukung dengan kamera ganda di depan dengan resolusi 16MP dan 8MP.

Kedua kamera ini mampu bekerja secara terpisah sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ada juga fitur Live Focus yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan efek bokeh.

Sementara kamera utama smartphone ini memiliki resolusi 16MP f/1.7. Samsung membenamkan teknologi video digital image stabilisation dan fitur hyperlapse.

Secara spesifikasi, keduanya menggunakan chipset Exynos 7885 octa-core 2.2GHz Dual ditambah 1.6GHz.

Baik Galaxy A8 dan Galaxy A8+ didukung dengan RAM 4GB. Akan tetapi, khusus untuk Galaxy A8+ ada opsi RAM 6GB. Memori internal yang ditawarkan memiliki dua opsi, yakni 32GB dan 64GB.

Fitur Always On Display seperti seri Galaxy A sebelumnya juga dibenamkan di smartphone ini. Karena sudah mendukung Magnetic Secure Transmission (MST) dan Near Field Communication (NFC), keduanya dapat digunakan untuk pembayaran via Samsung Pay.

Kedua perangkat ini juga merupakan model pertama dari seri Galaxy A yang mendukung penggunaan Samsung Gear VR. Saat rilis nanti, keduanya akan menjalankan Android 7.1.1.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Foto Hands-On Diduga Xiaomi Mi 6X Beredar di Internet
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Terios Baru Tembus 4 Ribu Unit, Tipe Apa Terfavorit?