Sukses

5 Prediksi Tren e-Commerce di Indonesia pada 2018

Pertumbuhan sektor e-Commerce yang cukup bagus pada tahun lalu, membuat sektor ini masih menjadi primadona para investor pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan sektor perdangan elektronik (e-Commerce) yang cukup bagus pada tahun lalu, membuat sektor ini masih menjadi primadona para investor pada 2018.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai investasi di sektor e-Commerce pada 2017 mencapai lebih dari US$ 5 miliar, sehingga membuatnya sebagai salah satu sektor ekonomi paling strategis.

Melihat pertumbuhan ini Shopback sebagai platform e-Commerce cashback menganalisis beberapa hal yang akan menjadi tren di sektor e-Commerce pada 2018.

Hasilnya, ada lima hal yang diprediksi akan menjadi buah bibir di sektor e-Commerce pada tahun ini.

Berikut lima tren e-Commerce tersebut:

1. Semakin banyak pedagang offline beralih ke online

Pertumbuhan positif e-Commerce di Indonesia membuat perubahan pola belanja masyarakat yang semakin bergeser ke arah elektronik atau belanja online.

Hal ini membuat beberapa gerai ritel di Indonesia berhenti beroperasi. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) memprediksi akan ada lebih dari 50 gerai ritel berhenti beroperasi dan mencoba mengubah format bisnis mereka agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Perubahan pola perilaku belanja ini juga ditunjukkan dengan jumlah transaksi e-Commerce yang meningkat. Laporan tahunan yang dikeluarkan We Are Social menunjukkan persentase masyarakat Indnesia yang membeli barang dan jasa secara online dalam kurun waktu sebulan pada 2017 mencapai 41 persen dari total populasi, naik 15 persen dibandingkan 2016 yang hanya 26 persen.

Berdasarkan survei Shopback terhadap lebih dari 1.000 responden di Indonesia untuk melihat pola belanja masyarakat, sebanyak 70,2 persen mengaku keberadaan toko online memengaruhi pola belanja. Mereka menjadi lebih sering berbelanja online dibangingkan di toko offline.

Selain itu, sebanyak 83,1 persen responden mengaku pernah ke toko offline untuk melihat barang, tapi kemudian membelinya secara online.

"Hal ini disebabkan banyak promo diskon yang ditawarkan platform e-Commerce, ditambah lagi mereka akan mendapatkan cashback jika melakukan transaksi belanja di ShopBack," ​Country General Manager Shopback Indonesia, Indra  Yonathan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mobile wallet semakin marak

Berdasarkan data lembaga riset digital eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia diprediksi akan mencapai lebih dari 100 juta.

Jumlah ini diklaim akan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar ke empat di dunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat (AS). Hal ini tentunya menjadi potensi sangat besar untuk mengembangkan mobile wallet atau dompet digital di Indonesia.

Sepanjang 2017, ShopBack melihat ada beberapa mobile wallet yang sering diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia, yakni GoPay, Jenius, TCash, Pay Pro dan OVO. Dilihat dari Google Trends, jumlah pencarian untuk kelima mobile wallet ini mengalami peningkatan.

Yonathan menilai tahun ini penggunaan mobile wallet akan mengalami peningkatan. Selain itu, akan lebih banyak lagi bermunculan beberapa kerja sama untuk menciptakan mobile wallet. "Kesiapan masyarakat untuk memanfaatkan mobile wallet menjadi penentu utama pertumbuhan industri ini," kata Yonathan.

3. Jasa pengiriman di hari yang sama jadi pilihan utama

Kendala pengiriman barang yang membutuhkan waktu cukup lama, menjadi salah satu permasalahan e-commerce dalam dua tahun belakang. Kemunculan jasa transportasi online dengan fitur pengiriman barang pun menjadi solusi dari permasalahan ini.

Kecepatan dan harga terjangkau dibanding jasa pengiriman logistik konvensional, menjadi alasan konsumen lebih memilih layanan pengiriman di hari yang sama (same day service delivery) serta satu hari (one-day service delivery).

Namun, ini hanya berlaku untuk pengiriman dalam kota saja karena jasa pengiriman logistik konvensional masih menjadi pilihan untuk antar kota.

3 dari 3 halaman

4. Penjual di Instagram beralih ke toko online

Google mencatat ketertarikan masyarakat Indonesia berkecimpung di dunia e-Commerce semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan data Top 10 pencarian populer di Google sepanjang 2017 dalam hal "Cara Menjadi".

Dari data tersebut, masyarakat Indonesia ingin mengetahui cara menjadi agen Bukalapak, reseller toko online dan penjual Lazada, yang masing-masing berada di peringkat 6, 7 dan 9.

Data lainnya, penjual online di media sosial pada tahun lalu seperti Instagram dan Facebook juga semakin banyak bermunculan.

Pada tahun ini diprediksi akan terjadi fenomena baru yaitu pedagang online di media sosial, terutama Instagram, akan beralih ke platform e-Commerce seperti Shopee.

Platform e-Commerce tersebut memiliki fitur Instashop X Shopee, sehingga para pedagang di Instagram dapat memasukkan produk yang mereka jual di media sosial tersebut ke akun Shopee.

5. Penjualan tiket online meningkat

Mulai bergesernya pola perilaku belanja masyarakat, juga berdampak pada penjualan tiket. Selain di sektor transportasi, penjualan tiket untuk acara pertunjukan, musik dan olahraga mulai banyak dijual secara online. Baru-baru ini, penjualan tiket pertandingan Indonesia kontra Islandia mencetak rekor penjualan online.

Berdasarkan data PSSI, sebanyak 7.542 tiket terjual pada 10 Januari 2018, sehingga berhasil mencetak rekor penjualan tiket online terbanyak dalam satu hari di Indonesia.

Pada tahun ini akan banyak gelaran acara yang menyedot animo masyarakat. Sebut saja, gelaran pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018, yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Gelaran ini diprediksi akan turut berkontribusi pada peningkatan penjualan tiket secara online di Indonesia.

"Masyarakat saat ini tidak hanya membeli gadget dan barang gaya hidup secara online, tapi sudah mulai membeli makanan, pulsa, membayar BPJS, serta tiket online, termasuk tiket pertandingan olahraga, konser dan bioskop," ujar Yonathan.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.