Sukses

Pengguna Bakal Bisa Pasang Stiker GIF di Instagram Stories

Liputan6.com, Jakarta - Instagram Stories dipastikan bakal kedatangan beberapa fitur baru. Selain fitur Type dan notifikasi saat melakukan screenshot, fitur baru lain yang tak kalah menariknya adalah kehadiran stiker GIF.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memasang beragam jenis stiker GIF di posting Stories, baik itu foto dan video. Untuk memanfaatkan fitur ini, Instagram juga telah bekerja sama dengan Giphy, platform penyedia gambar GIF terbesar di dunia. Jadi, fitur stiker GIF yang ada di Stories akan memanfaatkan database koleksi GIF dari Giphy.

Menurut informasi yang dilansir The Next Web, Sabtu (20/1/2018), fitur Instagram tersebut sudah lebih dulu diuji coba ke beberapa pengguna di sejumlah negara sejak November 2018. Pengguna di negara seperti Indonesia, Filipina, dan Brazil sempat menjajal fitur menarik ini.

Fitur tersebut digadang-gadang bakal menjadi fitur paling menarik di Stories. Bagaimana tidak, pengguna bisa memasang stiker GIF sesuka hati dengan tema apa pun.

Contoh, jika pengguna merupakan fans boyband K-pop, mereka bisa memasang stiker yang berkaitan dengan tema tersebut di Stories. Begitu pun dengan tema lain, mengingat ketersediaan gambar GIF di Giphy sangat amat lengkap.

1 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Giphy

Facebook selaku induk perusahaan dari Instagram memang sudah bekerja sama dengan Giphy. Salah satu gebrakan yang dilakukan adalah kehadiran fitur di mana pengguna bisa melampirkan gambar GIF di kolom komentar Facebook.

Tak hanya Facebook, pengguna Messenger pun sebelumnya sudah mendapatkan kemudahan menambahkan GIF sejak 2015. Disebutkan, tahun lalu pengguna mengirimkan 13 triliun gambar GIF atau 25 ribu GIF setiap menitnya. Sementara, sepanjang 2017, 400 juta GIF sudah dikirimkan melalui Messenger.

Masih dalam rangka merayakan ulang tahun ke-30 GIF, GIPHY Studio menciptakan 20 GIF baru, berkolaborasi dengan tokoh dan karakter terkemuka.

2 dari 3 halaman

Giphy Terpopuler

Giphy sendiri merupakan platform berbagi gambar berformat GIF untuk digunakan di media sosial dan aplikasi chatting. Bahkan, pengguna pun bisa membuat gambar GIF sendiri dan disematkannya di situs web atau media sosial.

Giphy sangat populer di kalangan pengguna smartphone remaja. Dari data yang dilaporkan, platform tersebut telah mengantongi jumlah pengujung harian 100 juta orang.

Sementara untuk konsumsi file GIF yang digunakan, tercatat sebanyak 1 miliar gambar GIF setiap harinya.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Hindari Phishing, Apple Tingkatkan Keamanan di iOS dan MacOS
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Tips Cegah Komentar Spam di Instagram