Sukses

99.co Siap Jadi Portal Properti Terbesar di Asia Tenggara

99.co baru saja mengumumkan telah menyelesaikan proses akuisisi terhadap Urbanindo, startup properti asal Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan rintisan (startup) di bidang properti asal Singapura, 99.co, baru saja mengumumkan telah menyelesaikan proses akuisisi terhadap Urbanindo, startup properti asal Indonesia.

Namun, dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Senin (22/1/2018), nilai akuisisi itu tak diungkap.

Keputusan ini dilakukan mengingat UrbanIndo diakui sebagai salah satu startup properti terbesar di Indonesia. Menurut Country Manager 99.co Indonesia, Irfan Ariesdhana, jumlah kunjungan dan daftar listing di UrbanIndo memperkuat posisi 99.co di pasar Indonesia dan Singapura.

"Dengan jumlah kunjungan hingga 2 juta per bulan dan 1,2 juta listing properti di UrbanIndo, penggabungan ini menjadikan 99.co sebagai perusahaan teknologi terbesar di bidang properti di Asia Tenggara," tuturnya.

Sekadar informasi, 99.co yang kini berusia dua tahun berhasil meraih popularitas dengan cukup cepat. Di Indonesia sendiri, startup ini mulai hadir sejak 2016 dengan menempatkan kantor di Jakarta dan Surabaya.

Hanya, untuk di Indonesia, 99.co menawarkan layanan yang sedikit berbeda dari Singapura. Selain situs informasi properti yang ditujukan untuk konsumen, perusahaan juga merilis aplikasi Android khusus bagi para agen properti.

"Di Indonesia, 99.co memang awalnya lebih condong ke business to business, sedangkan UrbanIndo sejak awal sudah menjalankan business to customer. Jadi, lewat akuisisi ini, turut menguatkan posisi dua perusahaan," ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut ia menuturkan, bergabungnya dua perusahaan ini turut menjadikan 99.co sebagai perusahaan teknologi terbesar untuk bidang properti di Indonesia dan Singapura dengan 150 pegawai yang tersebar di empat kota, seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, termasuk Singapura.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Akuisisi

Irfan juga menuturkan, proses akuisisi ini sebenarnya sudah dimulai sejak kuartal dua tahun lalu. Namun, proses itu kian aktif dilakukan menjelang kuartal empat tahun lalu.

Setelah akuisisi ini, perubahan struktur perusahaan juga dilakukan. Jadi, menurut Irfan, UrbanIndo kini berada langsung di bawah naungan 99.co. Namun, ia belum dapat memastikan seperti apa struktur tersebut nantinya.

"Setelah akuisisi pasti ada restrukturisasi, mulai dari perubahan atau penggabungan. Namun, karena ini baru selesai tahap finalisasi, struktur perusahaan masih dalam tahap pembahasan," ujarnya menjelaskan.

 

3 dari 3 halaman

Ekspansi ke Negara Lain

Ilustrasi

Salah satu tujuan lain dari akuisisi UrbanIndo ini adalah turut memperkuat pasar 99.co di Asia Tenggara. Meski belum ada rencana pasti, 99.co berencana menyambangi sejumlah negara lain, setidaknya pada akhir tahun ini.

"Sebenarnya, kami akan fokus di dua pasar dulu, Indonesia dan Singapura. Untuk ekspansi sendiri, kami mempertimbangkan ada beberapa negara di Asia Tenggara, seperti, Thailand, Filipina, dan Vietnam," tutur CEO 99.co, Darius Cheng.

Sebelum akuisisi, UrbanIndo sebenarnya adalah portal penyedia informasi properti independen terbesar di Indonesia. Namun, secara nasional, portal ini berada di posisi keempat di bawah Rumah123.com milik iProperty dan Rumah.com termasuk Rumahdijual.com milik PropertyGuru.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.