Sukses

Buka Lowongan untuk Lansia, Alibaba Kebanjiran 1.000 Lamaran

Taobao, anak usaha Alibaba, menerima 1.000 lamaran dalam sehari usai memasang lowongan pekerjaan untuk lansia. Posisi apa yang ditawarkan?

Liputan6.com, Hanzhou - Siapa bilang lansia (lanjut usia) tak bisa bekerja di perusahaan teknologi? Taobao membuktikannya dengan membuka lowongan pekerjaan baru khusus bagi lansia.

Anak usaha Alibaba tersebut belum lama ini membuka lowongan khusus bagi lansia untuk mengisi jabatan "Senior Research Fellow".

Hasilnya mengejutkan. Tercatat, hanya dalam 24 jam setelah lowongan dibuka, Alibaba menerima 1.000 surat lamaran dari lansia di Tiongkok. Taobao mengungkap kandidat pelamar paling tua usianya mencapai 83 tahun.

Menurut informasi yang dilansir Business Insider pada Rabu (24/1/2018), e-Commerce yang bermarkas di Hangzhou tersebut mencari dua orang lansia di atas 60 tahun untuk bekerja sebagai merchandiser produk yang ditujukan untuk kalangan usia menengah dan lanjut.

"Sehari setelah kami mengumumkan lowongan, sudah ada lebih dari 1.000 lamaran yang diterima. Kebanyakan pelamar berasal dari lansia yang dulunya bekerja sebagai guru, hakim, polisi, atau juga pegawai negeri," ujar juru bicara Taobao.

Wajar saja banyak yang ingin melamar ke Taobao--khususnya Alibaba. Kebanyakan posisi yang ditawarkan memiliki gaji yang tinggi. Untuk karyawan baru di Taobao saja, mereka bisa mengantongi US$ 64.000 (setara dengan Rp 852 jutaan) per tahunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persyaratan

Walau untuk lansia, Taobao ternyata juga menetapkan persyaratan untuk kandidat pelamar. Pertama, lansia harus memiliki hubungan harmonis dengan anak-anaknya.

Kedua, mereka juga harus mampu menjadi influencer Taobao di lingkungannya, ketiga harus mengerti ilmu psikologi dan sosiologi. Dan yang terakhir, mereka setidaknya harus memiliki pengalaman belanja online selama satu tahun.

3 dari 3 halaman

Konsumen Lansia

Saat ini, Taobao memiliki 30 juta pengguna aktif yang usianya di atas 50 tahun. Dan pada 2020 nanti, Tiongkok diprediksi akan memiliki populasi lansia di atas 255 juta jiwa. Ini tentu menjadi kesempatan besar bagi Taobao untuk bisa meraih pasar konsumen lansia yang lebih banyak.

Taobao sendiri memang berfokus untuk merangkul konsumen lansia berbelanja online. Saat ini, salah satu misi utama perusahaan adalah menciptakan platform yang membantu konsumen lansia memperkuat hubungannya dengan generasi muda.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.