Sukses

Update Android Oreo, Smartphone Bisa Tahu Kecepatan WiFi

Pembaruan Android Oreo versi 8.1 akan memungkinkan smartphone mendeteksi kecepatan WiFi publik meski belum terhubung ke jaringan tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Update Android Oreo 8.1 hadir dengan beragam fitur baru. Salah satunya Oreo kini bakal bisa menampilkan seberapa cepat jaringan internet dari WiFi di yang terdeteksi perangkat.

Dengan demikian, sebelum pengguna memutuskan untuk terhubung ke salah satu jaringan WiFi, mereka bisa melihat seberapa cepat jaringan internet tersebut.

Mengutip laman The Verge, Kamis (25/1/2018), pengaturan WiFi pada perangkat yang telah diperbarui ke OS Android Oreo terbaru akan memberitahukan kecepatan internet, entah itu Very Fast, Fast, OK, atau Slow.

Menurut Google, perbedaan antara internet Very Fast dengan Fast adalah, dengan internet Very Fast, pengguna bisa streaming video berkualitas tinggi. Sementara internet Fast bisa memutar video-video berkualitas biasa.

Sejauh ini, kebanyakan gerai kopi yang menghadirkan WiFi gratis menyediakan internet di level OK yang cukup baik untuk browsing internet, mengakses media sosial, hingga streaming layanan musik.

Meski bisa mendeteksi kecepatan internet WiFi publik, fitur ini tidak bisa bisa mendeteksi kecepatan jaringan WiFi pribadi yang dipasangi password.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Fitur Android O

Android Oreo (8.0) merupakan sistem operasi Android terbaru penerus Android Nougat yang diluncurkan Agustus 2017. Ada sejumlah fitur yang diusungnya, di antaranya adalah:

1. Emoji Baru

Emoji Baru di Android Oreo. Dok: Cnet.com

Google telah mendesain ulang emoji untuk Android Oreo, yang mana terlihat lebih cartoonish dibanding emoji yang ada pada Android Nougat.

2. Picture in Picture

Picture in Picture di Android Oreo. Dok: Cnet.com

Di Andoid Oreo, kamu juda dapat melakukan video call dari Duo sambil menonton video di Chrome menggunakan mode Picture in Picture (PiP). Caranya? Kamu cukup tap tombol Home saat video diputar.

3 dari 3 halaman

Deretan Fitur Android O

3. Penyempurnaan App Shortcuts

Jika di Android Nougat kamu bisa mengakses app shortcuts dengan cara tap ikon aplikasi selama beberapa detik, di Android Oreo tampilan shortcut telah disempurnakan. Kamu bisa mengakses widget aplikasi dari menu shortcut.

4. Menu Settings Lebih Simpel

Settings telah dikategori ulang, di mana menu slide out hilang. Saat menggunakannya pertama kali memang akan membuat kamu agak bingung, tapi lama kelamaan akan akan terbiasa.

Menu Settings Lebih Simpel di Android Oreo. Dok: Cnet.com

Selain fitur di atas, Android Oreo juga memiliki fitur teks cerdas, sistem keamanan baru, auto-enable Wi-Fi, pengaturan baterai, notification dots, dan ikon aplikasi yang bisa disesuaikan. 

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.