Sukses

Ini Dia Kelebihan & Kelemahan TV LED yang Harus Kamu Tahu!

Liputan6.com, Jakarta Sejak akhir 1950-an masyarakat terbiasa menonton dari televisi (TV) berbentuk tabung, mulai dari zaman layarnya masih berwarna hitam putih. Namun, sekitar tahun 2006, TV tabung sudah semakin jarang terlihat.

Bahkan, toko elektronik besar pun sudah tak ada lagi yang menjual TV tabung. Popularitas TV tabung kini sudah tergeser dengan kehadiran TV Light-Emitting Diode (LED). Memangnya, apa sih kelebihan TV LED yang tidak dimiliki oleh TV tabung?

Kelebihan

TV LED merupakan jenis TV yang paling hemat listrik. Pencahayaan emitting diode yang dimiliki TV LED mengonsumsi daya listrik lebih rendah. TV LED bisa lebih hemat listrik hingga 50 persen dibandingkan TV tabung. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran listrik bulanan Anda.

Desain TV LED lebih tipis dibandingkan TV tabung. Hal ini disebabkan karena mereka sudah menggunakan teknologi backlighting. Umumnya, ketebalan TV ini hanya 25 mm saja. TV ini pun tak akan menghabiskan banyak tempat di ruang keluarga atau kamar Anda.

Meski tipis, ukuran layar jenis TV ini lebih lebar dibandingkan TV tabung. Lebar layar TV tabung tidak bisa lebih dari 40 inch karena sulitnya membuat kaca untuk layar. Sementara itu, layar TV LED bisa mencapai 80-100 inch. Asyik banget kan buat nonton pertandingan sepak bola ramai-ramai sama teman-teman?

Kelemahan

Walaupun memiliki banyak kelebihan, TV LED memiliki kelemahan tersendiri. Teknologi yang lebih canggih dan material yang lebih bagus membuat biaya perawatan dan perbaikan TV jenis ini cukup mahal. Harganya hampir sama dengan harga beli TV baru.

Harga komponen TV LED pun lebih mahal dibandingkan jenis TV lainnya. Panelnya saja bisa mencapai 80 persen dari harga TV. Misalnya saja, harga TVnya Rp 2,5 juta, harga komponen panelnya dapat mencapai Rp 2 juta.

Tak hanya panel, komponen lain yang berada di bagian belakang TV juga tak kalah mahal. Komponen yang juga memiliki harga tinggi antara lain main board dan modul power supply. Kalau komponen-komponen ini sampai rusak, pengguna pun akan pusing tujuh keliling memikirkan dana yang harus dikeluarkan.

Karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih TV LED. Pilih TV LED yang menawarkan jaminan garansi menjanjikan, misalnya TV LED Polytron.  

TV Cinemax dari Polytron disertai dengan garansi hingga lima tahunGaransi TV LED Polytron meliputi garansi panel/layar, garansi spare part/suku cadang, dan jasa perbaikan. Lebih menguntungkan lagi, garansinya mencapai lima tahun! Jadi, dijamin Anda akan bebas galau selama lima tahun. Tak akan ada lagi yang namanya pusing tujuh keliling saat komponen TV ada yang rusak.

Selain garansi yang menjanjikan, TV LED tersebut juga unggul dalam hal suara. Kehebatan audionya mampu membuat Anda seolah-olah menonton di bioskop. TV LED Polytron juga dilengkapi dengan kualitas gambar yang tak kalah hebatnya dalam layar berukuran 20, 22, 24, atau 32 inch. Penonton dapat memilih jenis gambar yang paling disukai dari delapan pilihan mode, yaitu Dipe, Standard, Soft Standard, Natural, Soft Natural, Cinema, Action, dan User.

Tertarik mencoba bebas galau lima tahun?

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Update Android Oreo, Smartphone Bisa Tahu Kecepatan WiFi
Artikel Selanjutnya
Laptop 4G Dijamin Tak Bakal Tersandung TKDN