Sukses

19 Kata yang Cuma Diketahui Artinya oleh Karyawan Google

19 kata atau istilah ini hanya diketahui artinya oleh karyawan Google, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap perusahaan memiliki sejumlah istilah yang hanya diketahui karyawan perusahaan tersebut. Orang luar perusahaan pun bakal bertanya-tanya terkait arti kata yang dimaksud.

Hal ini juga berlaku di Google. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat yang kini punya 70 ribu karyawan di seluruh dunia itu punya berbagai istilah aneh yang hanya diketahui karyawannya.

Mengutip laman Business Insider Singapore, Kamis (25/1/2018), berikut adalah 19 istilah internal yang kerap digunakan oleh sesama karyawan Google.

1. Plex

Markas Google yang berada di Mountain View, California, Amerika Serikat sering disebut sebagai kampus Googleplex. Nah, Plex merupakan sebutan singkat untuk kantor Google tersebut.

Suasana kantor pusat Google di Googleplex, Mountain View, Palo Alto, California. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

2. GBike

Tahukah kamu, saking besarnya Googleplex, Google menyediakan sepeda sebagai moda transportasi. Nah, sepeda-sepeda ini biasa disebut GBike.

	Sepeda Google, G-Bike (Foto: Business Insider Singapore)

3. Stan

Stan adalah nama untuk patung tulang T-Rex raksasa yang ada di GooglePlex. Apa hubungan patung tulang dinosaurus dengan Google? Rupanya, keberadaan Stan di sana untuk mengingatkan, perusahaan tak akan pernah boleh menjadi seperti dinosaurus yang kini tinggal fosil.

	Patung fosil T-Rex di Googleplex yang bernama Stan (Foto: Dug Song/Flickr)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Noogler

4. Noogler

Tahukah kamu, karyawan Google biasa disebut Googlers? Nah, sebutan untuk karyawan baru di Google adalah Noogler yang berarti "new Googler."

Mereka yang tergabung dalam Noogler biasanya mengenakan topi berwarna warni tanda sebagai karyawan baru.

	Karyawan baru di Google alias Noogler (Foto: Business Insider Singapore)

5. TGIF

Di Google, TGIF bukan berarti Thank God It's Friday melainkan nama meeting rutin yang berlangsung Thursday alias hari Kamis.

Pertemuan ini mulai dilakukan sejak awal Google berdiri. Kini, meeting ini adakan di seluruh kantor Google di dunia, termasuk diikuti juga oleh karyawan yang baru menerima topi Nooglers mereka.

Meeting mingguan di Google yang disebut TGIF (Sumber: YouTube/Xooglers)

6. Googlegeist

Googlegeist bukanlah hantu-hantu di Google, melainkan survei tahunan di Google. Saat itu, para karyawan diminta menilai atasan atau kehidupan kantoran di Google.

Jika karyawan-karyawan di perusahaan lain enggan untuk mengisi survei semacam ini, lebih dari 90 persen Googlers mengisi survei ini tiap tahunnya.

	Googlegeist alias survei tahunan di Google (Sumber: Flickr/Haynes)

3 dari 6 halaman

GUTS

7. GUTS

GUTS adalah akronim dari Google Universal Ticketing Systems, di mana para Googlers mengajukan tiket tentang permasalahan yang bisa dilacak perusahaan, jadi semacam sistem internal 311 di Google.

	Ilustrasi GUTS Google (Foto: Getty Images/Adam Berry)

8. Gayglers

Perlu kamu ketahui, Google adalah satu perusahaan teknologi dunia yang mendukung LGBT. Mereka juga memiliki komunitas bernama Gayglers, yakni kumpulan karyawan gay atau pendukung LGBT.

Bendera lambang komunitas LGBT

9. Greyglers

Apa lagi itu Greylers? Karena rata-rata karyawan Google berusia muda, karyawan Google berusia 40 tahun disebut sebagai Greyglers. Kemungkinan hal ini karena sebagian besar karyawan di atas 40 tahun rambutnya sudah berwarna abu-abu alias Grey.

Vint Cerf, Chief Internet Evangelist Google masuk dalam salah satu Greygler. Getty/Stephen Lovekin

4 dari 6 halaman

Xoogler

10. Xoogler

Karyawan Google yang meninggalkan perusahaan, misalnya karena mengundurkan diri dijuluki Xoogler (dibaca Zoogler). Xoogler adalah singkatan dari eks-Googler.

Xoogler juga memiliki website, yakni xoogler.co sebagai tempat berkumpulnya alumni Google.

	Xoogler, sebutan untuk eks karyawan Google (Foto: Xoogler.co)

11. Doogler

Markas pusat Google yang luas membuat karyawan Google boleh membawa binatang peliharaan mereka ke area kantor. Nah, salah satu binatang paling banyak dibawa adalah anjing, baik karyawan maupun anjing yang dibawa biasanya disebut Doogler.

Sebutan untuk karyawan atau anjing yang dimiliki karyawan Google (Sumber: Twitter/Google UK)

12. Jewglers

Jewglers merupakan kudapan alias makanan manis yang biasa tersedia di markas Google. Selain manis, warnanya pun disesuaikan dengan logo warna Google, yakni biru, hijau, merah, dan kuning.

	Jewgler (Sumber: Twitter/Google)

5 dari 6 halaman

Brewgler

13. Brewgler

Para karyawan yang menyukai minuman bir tergabung dalam kelompok bernama Brewgler. Mereka biasanya saling memberi rekomendasi kedai bir yang recommended atau bahkan hangout bersama-sama.

Ilustrasi: Bir (Sumber: (AFP Photo/dpa/Tobias Hase/Germany Out)

14. Fixlts

Fixlts adalah istilah yang digunakan saat engineer Google berhasil menyelesaikan permasalahan teknis mereka.

15. Tech Stop

Kalau di kantor kamu jaringan internet lemot atau komputer bermasalah siapa yang kamu hubungi? Tentunya tim IT. Nah di Google juga begitu, tim IT di sana dikenal dengan nama Tech Stop.

Biasanya mereka memperbaiki masalah pada komputer milik karyawan Google. Sebagai pegawai IT di Google, tentunya standar IT di sana sangatlah tinggi.

	Google Tech Stop di Chicago (Foto: Google)

6 dari 6 halaman

20 Percent Time

16. 20 Percent Time

Google mengizinkan engineer-nya untuk menghabiskan 20 persen waktu mereka untuk mengerjakan proyek lain, di luar pekerjaan utamanya.

Pada waktu-waktu tersebut, karyawan Google bermimpi bisa menciptakan produk-produk baru yang sukses mengubah dunia. Gmail, Google News, serta AdSense merupakan sebagian proyek hasil 20 percent time.

Aplikasi Gmail. (Doc: BGR)

17. Perf

Menurut seorang mantan karyawan Google, ada istilah Perf di sana. Istilah ini artinya hasil penilaian performa karyawan selama setahun belakangan.

Perf menentukan apakah seorang Googler berhasil atau tak berhasil mencapai target selama setahun. Nah, jika seorang Googler meneriakkan "I'm dreading Perf!" kemungkinan besar, dia mengalami tahun yang sulit di kantor.

18. Dogfood

Dogfood bukanlah makanan untuk Doogler, melainkan versi software yang masih dalam tahap pengujian internal.

Istilah "dogfooding" artinya adalah menggunakan produk sendiri atau "using one's own product". Istilah ini berasal dari sebuah cerita sales menjajal makanan anjing yang dijualkannya untuk mendemonstrasikan kualitas makanan tersebut.

Ilustrasi: Dogfood Google (Ramin Talaie/Getty Images)

19. Memegen

Googler memiliki meme generator-nya sendiri yang disebut dengan Memegen. Memegen digunakan oleh karyawan untuk saling berbagi lelucon di kalangan internal perusahaan.

Ilustrasi Memegen Google (Sumber: Buzzfeed)

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.