Sukses

Ini Warnet Gim iCafe Platinum Pertama di Indonesia

Liputan6.com, Malang - eSports atau olahraga elektronik bukan hanya bicara tentang bermain gim saja, tetapi juga ekosistem. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah infrastruktur. Dibutuhkan tempat berlatih berstandar internasional agar dapat mencetak atlet-atlet eSports kelas dunia.

Kota Malang kini memiliki fasilitas itu. Game center berskala internasional tersebut bernama Hardcore iCafe. Warnet gim ini sudah mendapatkan sertifikasi dari Nvidia untuk program iCafe yang telah dimulai secara intensif sejak tahun lalu.

Christian Suryadi, iCafe Manager, mengatakan sertifikasi standar warnet gim iCafe dibuat dengan aturan yang ketat untuk mendukung perkembangan eSports ke depannya. "Ini adalah iCafe Platinum pertama di Indonesia," katanya saat peresmian Hardcore iCafe di Malang.

Saat ini Nvidia mempunyai 48 GeForce-Certified iCafe yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. iCafe tersebut dilengkapi dengan fasilitas main gim berstandar internasional.

Christian Suryadi, iCafe Manager. Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum

Salah satunya adalah ruangan latihan khusus untuk menginkubasi atlet eSports yang akan bertanding di kejuaraan. Kursi, meja, dan perlengkapan bermain gim yang digunakan pun disesuakan dengan standar khusus gaming internasional.

Sementara itu, Stevanus, pemilik Hardcore iCafe Malang, mengatakan, "Malang dipilih karena selama ini atlet eSports selalu dari pusat (Jakarta). Cita-cita saya ingin dari daerah ada talent-talent pemain eSports yang bisa go internasional."

 

1 dari 3 halaman

Fasilitas Hardcore iCafe

Untuk fasilitasnya sendiri, Hardcore iCafe terdiri dari tiga lantai. Total ada sekitar 120 PC (komputer) gaming yang disediakan di sini. Lantai satu dikhususkan untuk Battle Arena, untuk para gamer profesional. Ada empat ruangan Battle Arena yang disekat dengan kaca, agar para pemain bisa melihat lawan main mereka saat bertanding.

Naik ke lantai dua adalah ruangan untuk lifestyle, bagi mereka yang ingin fokus mengembangkan profesi sebagai Caster, YouTuber, atau kegiatan livestreaming saat bermain gim dan sebagainya. Sedangkan lantai tiga dikhususkan untuk para casual gamer. Di sini juga terdapat ruangan Boothcamp.

 

 

2 dari 3 halaman

Terapkan Aturan Ketat di iCafe

Diskusi Hardcore iCafe Malang, Kamis (25/1/2018). Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum

Hardcore iCafe menerapkan aturan yang ketat dan berorientasi pada pembinaan untuk menciptakan potensi-potensi baru di dunia eSports Malang dan sekitarnya agar ke depannya dapat berkontribusi terhadap perkembangan eSports tanah air.

Dengan fasilitas yang lengkap dan canggih, di Hardcore gamer bisa berlatih gim bertema eSports dan mengembangkan potensi mereka yang lain.

"Ke depannya kami ingin gamer bukan hanya menghabiskan uang, tetapi juga menghasilkan uang di sini," Stevanus menambahkan.

Mengenai biaya investasi, Christian mengungkapkan untuk menjadi GeForce-Certified iCafe kelas Silver, dengan asumsi sewa ruko, dibutuhkan dana investasi sekitar Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar. Kecuali pemilik mempunyai ruko sendiri akan lebih murah. Untuk upgrade ke Platinum, ada penambahan dari sisi jumlah PC.

(Dew/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Kevin / Marcus Bicara soal Kemenangan atas Rian / Hendra
Artikel Selanjutnya
Anthony Ginting Tantang Chen Long di Perempat Final