Sukses

Ini Rahasia Menjadi Atlet eSports Profesional

Apakah bermain gim saja cukup menjadi salah satu cara agar kita bisa menjadi atlet eSports profesional?

Liputan6.com, Malang - Olahraga elektronik atau eSports kini tengah menjadi fenomena yang banyak disorot belakangan ini.

eSports bahkan sudah dipastikan akan masuk dalam Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang dalam waktu dekat, meski baru dalam tahap percobaan.

Untuk menjadi atlet eSports yang sukses, rajin berlatih main gim tidaklah cukup. Hal itu bukanlah kunci sukses utama menjadi seorang atlet eSports. Dibutuhkan ketekunan yang lebih dari itu.

Christian Suryadi, iCafe Manager, menuturkan bahwa ia pernah berbincang dengan salah seorang atlet eSports dari luar negeri yang ia temui di sebuah ajang kejuaraan dunia. Pada kesempatan itu ia bertanya bagaimana kehidupan atlet eSports.

Christian bercerita bahwa kehidupan gamer dan atlet sangat berbeda. Sistem latihan atlet eSports sebenarnya mirip dengan atlet olahraga secara fisik. Perlu kedisiplinan yang tinggi jika ingin menjadi atlet profesional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Berlatih

Atlet eSports yang berlaga di kejuaraan sangat kompetitif, dan itu sangat berat dan melelahkan. Karena itu mereka harus disiplin berlatih, mampu mengendalikan diri, mengatur pola makan dan istirahat, serta melatih mental agar kuat.

Jika itu semua sudah bisa dikuasai, lanjutnya, barulah mereka bisa menjadi atlet eSports. Berbeda dengan casual gamer misalnya, bermain gim biasanya hanya untuk senang-senang sembari mencari penghasilan.

Sementara itu, gamer profesional asal Malang, Gisma Triayuda, yang memiliki nama inisial Melon, menambahkan bahwa jika para gamer ingin menjadi seorang atlet eSports yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas bermainnya, bukan kuantitas. "Gamer tersebut harus mencari ilmu," kata Melon.

Misalnya jika ingin bermain gim selama tiga jam, selama tiga jam tersebut sang gamer harus meningkatkan keahlian bermainnya dengan mempelajari gim tersebut.

Jadi, bukan sekedar main gim, lalu pulang. Ada banyak tutorial tentang gim yang bisa dipelajari dari internet, dari YouTube salah satunya.

(Dew/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.