Sukses

Update Android Oreo Mi A1, Ini Sejumlah Bug yang Diperbaiki

Setelah dua kali dihentikan karena bug, Xiaomi kembali menghadirkan pembaruan OS Android Oreo, apa saja yang diperbaiki?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat dua kali menghentikan update OS Android Oreo pada Mi A1, Xiaomi kembali menghadirkan update Android Oreo untuk pengguna Mi A1.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Forum Mi.com, Selasa (30/1/2018), pembaruan tersebut membuat pengguna bisa menikmati sejumlah fitur yang ditawarkan oleh Android Oreo.

"(Pembaruan Android One) datang dengan beberapa perubahan yang bisa dieksplorasi pengguna," demikian disampaikan dalam forum tersebut.

Ada beberapa fitur yang hadir dalam pembaruan Android Oreo pada Mi A1, di antaranya adalah modus picture in picture. Dengan modus ini, pengguna bisa tetap menonton video atau merekam video sambil melakukan hal lain di smartphone.

Selain itu, dengan memperbarui OS ke Android Oreo, notifikasi pada perangkat juga diperbaiki, termasuk kemampuan untuk meng-snooze notifikasi. Pembaruan lainnya adalah adaptive icons.

Tak hanya itu, pengguna juga akan memperhatikan hilangnya notifikasi "quick charge" pada lockscreen saat pengisian daya, pengintegrasian performa optimisasi MiUI, serta perbaikan masalah konsumsi daya yang boros karena pengaktifan Bluetooth.

Mengutip forum Xiaomi, keyboard pada Mi A1 juga menghadirkan input bahasa Korea. Sejumlah perbaikan lainnya adalah perbaikan ikon panggilan ke luar yang sempat hilang setelah di-update, kamera yang sempat bermasalah, perangkat tak terhubung dengan jaringan, hingga fingerprint yang lambat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Update Android O Sempat Dua Kali Dihentikan

Jumat lalu, pembaruan Android Oreo untuk Xiaomi kembali dihentikan karena adanya bug. Demikian disampaikan oleh seorang moderator forum resmi Xiaomi.

Mengutip laman Gizmochina, Jumat (26/1/2018), moderator mengatakan, proses pembaruan ke OS Android Oreo akan dilanjutkan kembali dalam waktu beberapa hari.

	Update Mi A1 disetop lagi (Sumber: Gizmochina)

Sebelum memperbarui perangkat Mi A1 mereka, pengguna disarankan untuk menunggu informasi terkait pengalaman dari user lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka terhindar dari berbagai bug.

 

3 dari 3 halaman

Berbagai Bug Saat OS Android Oreo Diperbarui

Pertengahan bulan Januari ini, Xiaomi menyebut telah mengatasi bug pada Mi A1 setelah digulirkannya update Android Oreo. 

Pembaruan menghadirkan sejumlah penyelesaian masalah, seperti reboot yang berulang, baterai yang begitu boros saat memakai Bluetooth, dan masalah lainnya.

Selain itu, fungsi gestur di pemindai sidik jari juga kembali hadir dengan digulirkannya pembaruan ini. Tak lupa, Xiaomi menyertakan patch keamanan Android Januari.

Untuk informasi, saat meluncur pertama kali, update Android Oreo Mi A1 masih dibekali dengan patch keamanan Android pada Desember.

Bagi pengguna yang sudah memasang Android Oreo di perangkat Mi A1-nya, pembaruan ini hanya berukuran sekitar 90MB. Namun, jika pengguna sama sekali belum melakukan update ke Oreo, file pembaruan ini berukuran sekitar 1,12GB.

Ada beberapa jenis bug yang dilaporkan pengguna, namun yang paling parah adalah baterai yang lebih boros, terutama saat fitur Bluetooth diaktifkan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.