Sukses

Saingi Twitch, Facebook Besut Platform Live Streaming Gim

Melalui program ini, Facebook berencana membangun sebuah komunitas gim yang menghubungkan kreator dengan para penggemar.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kian serius menggarap bisnis gimnya. Komitmen ini ditunjukkan raksasa media sosial tersebut dengan sebuah program yang dirancang untuk menarik kreator konten gim melakukan siaran langsung.

Dikutip dari The Verge, Selasa (30/1/2018), Facebook baru saja mengungkapkan kehadiran program perdana untuk para kreator konten gim. Tak sekadar bekerja sama dari sisi konten, perusahaan juga akan menghadirkan tool yang dibutuhkan kreator tersebut.

Tujuan program ini sendiri untuk membangun dan mengembangkan komunitas gim di Facebook. Selain menciptakan piranti baru untuk streaming gim, program juga memanfaatkan platform lain di Facebook, seperti Instagram dan Oculus.

Sekadar diketahui, perusahaan memang tengah mencoba sejumlah cara baru untuk cara menarik para penggemar berhubungan dengan kreator konten gim melalui siaran langsung.

Sayangnya, belum ada informasi detail mengenai program anyar ini. Namun, berdasarkan informasi awal, layanan itu mirip dengan program rekanan dari Twitch.

Jadi, layanan akan menyediakan sejumlah piranti tambahan untuk penyiar, mulai dari informasi penonton bulanan, fitur chatting, termasuk emoji chat untuk penonton.

Rencananya, media sosial yang identik dengan warna biru ini akan menghadirkan banyak kreator dalam program tersebut.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Facebook mulai merambah ke ranah live streaming untuk gim. Pada 2016, perusahaan itu pernah menjalin kerja sama dengan Blizzard untuk menyiarkan melalui Facebook Live.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Facebook Kian Serius Garap Gim

Sebelumnya di 2016, Facebook juga menguji platform baru di dalam Messenger yang memungkinkan pengguna untuk bermain gim berbagai ringan bersama dengan lawan bicara.

Salah satu pengembang gim yang 'terjun' pertama adalah pengembang dibalik kesuksesan Candy Crush, King, demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo.

Dengan meluncurkan Instant Games, Facebook berharap kalau aplikasi olah pesan mereka dapat membuat keluarga dan teman berinteraksi lebih dekat menggunakan smartphone, tak peduli itu iOS atau Android.

Untuk pengembangan Instant Games, Facebook akan mulai meluncurkan developer kit untuk para pengembang gim. Belum ada kabar apakah gim-gim yang ada di Instant Games ini tampil gratis atau memiliki fitur in-app purchases.

3 dari 3 halaman

Facebook Juga Serius Garap Konten Video

Facebook bahkan juga kian serius menggarap konten video yang ada di platform-nya. Setelah meluncurkan Facebook Live, media sosial itu kini mengumumkan kehadiran aplikasi baru yang ditujukan untuk kreator konten video.

Aplikasi bernama Creator ini sudah tersedia di iOS dan akan segera menyusul menyambangi Android. Melalui aplikasi ini, kreator dapat memantau aktivitas termasuk keterlibatan follower soal konten yang diunggahnya.

Aplikasi juga menyediakan sejumlah fungsi mengedit video. Dengan kata lain, Creator memungkinkan para kreator berkreasi untuk membuat konten video yang siap diunggah ke Facebook.

Kreator yang akan melakukan siaran langsung juga dapat melakukannya melalui aplikasi ini karena di dalamnya sudah tersedia filter atau efek wajah lainnya.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.