Sukses

Pertumbuhan Gogobli Meroket 2.500 Persen di Sepanjang 2017

Liputan6.com, Jakarta - Gogobli, platform e-Commerce di bidang kesehatan dan kecantikan, berhasil mencatat capaian luar biasa dalam kurun waktu satu tahun. Informasi ini diungkapkan oleh Chief Business Development Officer Gogobli, Terry Koh.

Ia menuturkan, dalam waktu singkat, Gogobli berhasil bekerja sama dengan lima ratus prinsipal atau produsen merek produk kesehatan dan kecantikan. Saat ini, ada sekitar puluhan ribu stock keeping unit (SKU) yang tersedia di platform tersebut.

"Pertumbuhan itu tak lepas dari upaya kami sebagai solusi untuk beragam kendala yang dihadapi prinsipal, termasuk membantu mereka untuk mulai melakukan transisi digital," tutur Koh saat bertemu dengan awak media di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Menurut Chief Executive Officer Gogobli, Joyce Lim, pertumbuhan tersebut juga terlihat dari jumlah outlet yang bekerja sama. Laporan terbaru mencatat ada 15 ribu outlet yang tersebar di sejumlah wilayah.

"Sejak Mei 2016 hingga Desember 2017, kami mengalami peningkatan penjualan hingga 2.500 persen. Sementara dari sisi outlet, kami juga telah bekerja sama dengan 15 ribu mitra. Rencananya, kami juga akan memperluas cakupan," ujarnya menjelaskan.

Chief Operating Officer Gogobli, Joe Hansen, menuturkan kemudahan yang ditawarkan platform-nya memang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk mendukung pengalaman, perusahaan telah merilis aplikasi khusus bagi outlet

"Dengan aplikasi ini, outlet dapat memesan langsung barang yang ingin dibelinya. Aplikasi juga didesain dengan sangat mudah sehingga memudahkan para pelaku bisnis mengaksesnya," ujarnya. 

1 dari 3 halaman

Rencana Besar Gogobli

Mengingat pertumbuhan yang cukup signifkan, Gogobli pun sudah mencanangkan rencana perusahaan untuk beberapa tahun ke depan. Salah satunya, menurut Halim, adalah mendapatkan pendanaan dengan nilai US$ 50 hingga 100 juta .

"Kami juga sudah mempersiapkan strategi bisnis unik yang akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini. Harapannya, strategi ini mampu membawa kami seperti startup unicorn," ujarnya.

Sekadar informasi, unicorn merupakan predikat yang diberikan pada startup yang nilai valuasinya mencapai US$ 1 miliar. Namun, Halim masih belum membeberkan strategi yang sedang disiapkan tersebut.

Gogobli sendiri sudah mendapatkan pendanaan putaran seri-A dari OSK Venture International Berhard. Meski nilai investasi tak diungkap, pendanaan itu dilakukan pada Februari 2017.

2 dari 3 halaman

Jamin Kualitas Produk

Nilai lebih yang juga ditawarkan Gogobli.com adalah dari sisi keaslian produk, mengingat platform ini sudah bekerja sama dengan prinsipal langsung atau distributor utama, kualitas produk yang ditawarkan dijamin keasliannya.

"Semua produk yang kami jual asli dari prinsipal dan distributor utama. Kualitasnya sudah pasti terjamin. Jadi kehadiran kami bukan untuk mematikan bisnis konvensional, karena kami pun turut menggandeng mereka menjual produk-produknya ke lebih banyak orang," tuturnya.

Founder Gogobli, Halim H, mengatakan Gogobli menjawab berbagai masalah yang muncul di rantai distribusi dan pemasaran termasuk menjangkau kota-kota kecil bagi prinsipal (pemilik merek) dan toko.

"Sementara dari sisi konsumen, mereka juga dipastikan mendapatkan produk yang berkualitas dan dijamin asli," tukasnya. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Mobile Legends Jadi Gim Mobile Paling Hits Sepanjang 2017
Artikel Selanjutnya
Wall Street Menguat Dipicu Pernyataan Trump soal Dolar