Sukses

Trik Scan Dokumen Berbekal Notes di iOS

Meski tampak sepele, kemampuan untuk memindai dokumen ini sangat membantu kamu yang ingin memiliki dokumen teratur.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu Apple meluncurkan pembaruan besar-besaran untuk berbagai aplikasi bawaannya lewat iOS 11.

Dari sekian banyak aplikasi bawaan iOS yang mendapat pembaruan, Notes merupakan salah satu aplikasi yang mendapatkan fitur menarik dari sebelumnya.

Satu kemampuan baru yang Apple hadirkan di Notes versi baru ini adalah kemampuan untuk memindai (scanning) dokumen, sebuah fitur yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh aplikasi pihak ketiga.

Meski tampak sepele, kemampuan untuk memindai dokumen ini sangat membantu kamu yang ingin mengatur berbagai dokumen penting, kartu nama hingga nota pembelian lebih rapi lagi.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah cara memindai dokumen hanya dengan menggunakan aplikasi Notes.

1. Buka Notes baru atau yang sudah dibuat di dalam aplikasi, lalu klik ikon "+" dan pilih "Scan Documents"

2. Usahakan untuk meletakkan dokumen yang ingin dipindah di atas permukaan yang datar dan sejajarkan dengan kotak yang muncul di layar.

Kamu juga bisa aktifkan fitur 'Auto' yang ada di kanan atas layar untuk memudahkan proses pemindaian dokumen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Perlu Aplikasi Tambahan

 3. Jika hasil scan kamu tidak sesuai dengan yang diinginkan, kamu bisa menyesuaikan sudut pemindaian dengan drag masing-masing sudut agar lebih sejajar. Jika sudah pas, klik "Keep Scan".

4. Tap "Save" untuk menyelesaikan proses pemindaian, atau kamu bisa menambah dokumen lain untuk di scan.

5. Setelah selesai, kamu bisa mengedit dokumen dengan tap salah toolbar edit. Di sini, kamu bisa rotate, crop, menambahkan filter, atau menambahkan lebih banyak dokumen.

So, selamat mencoba.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.