Sukses

Top 3 Tekno: Serba-serbi Gerhana Super Blue Blood Moon

Semua artikel terkait fenomena gerhana Super Blue Blood Moon, menjadi artikel terpopuler di Tekno Liputan6.com edisi Rabu (31/1/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Semua artikel terkait gerhana Super Blue Blood Moon, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Kamis (1/2/2018).

Pertama adalah artikel soal lima fakta gerhana Super Blue Blood Moon, menyusul artikel soal informasi siaran langsung Super Blue Blood Moon, dan ketiga adalah artikel soal informasi lokasi ideal untuk menyaksikan Super Blue Blood Moon.

Untuk lebih lengkapnya, simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. 5 Fakta Gerhana Super Blue Blood Moon yang Perlu Kamu Ketahui

Gerhana Bulan yang akan terjadi Rabu, 31 Januari 2018 dapat diamati dari Indonesia termasuk sebagai sebuah fenomena langka.

Apa yang menyebabkan Gerhana Bulan bernama Super Blue Blood Moon tersebut langka? Berikut adalah lima faktanya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rabu (31/1/2018).

Selengkapnya baca di sini

2. Saksikan Siaran Langsung Super Blue Blood Moon di Sini

Pada hari ini, Rabu (31/1/2018) tepatnya malam nanti, gerhana Bulan akan kembali menyapa Bumi.

Gerhana kali ini agak berbeda dengan gerhana Bulan yang terjadi sebelumnya. Pasalnya, gerhana yang akan terjadi malam ini merupakan gabungan tiga fase Bulan yang berbeda-beda.

Adapun tiga fase tersebut akan terjadi secara bersamaan, mulai dari Blue Moon, Blood Moon, hingga Supermoon. NASA menyebut fenomena ini dengan julukan "Super Blue Blood Moon".

Selengkapnya baca di sini

3. Ini Lokasi Ideal untuk Lihat Super Blue Blood Moon di Indonesia

Gerhana Super Blue Blood Moon dipastikan bisa disaksikan langsung dari Indonesia. Informasi ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Namun, tidak semua bagian di Indonesia bisa melihat fenomena langka ini.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan Super Blue Blood Moon bisa disaksikan mulai dari daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudra Hindia yang lokasinya ada di barat Sumatera. Lokasi tersebut adalah zona Bulan terbit saat fase gerhana penumbra terjadi.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.