Sukses

Menkominfo Siap Blokir Gim Brutal Pukul Guru

Menkominfo Rudiantara menginstruksikan kepada jajaran Kemkominfo untuk memblokir gim brutal "Pukul Guru Anda".

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) langsung mengambil langkah untuk memblokir gim kontroversial berjudul "Pukul Guru Anda".

Pukul Guru Anda merupakan gim gratisan yang mengajak pemain untuk siksa guru dengan berbagai benda ini mengandung adegan visual kekerasan dan brutal.

Dihubungi Tekno Liputan6.com, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Jumat (2/2/2018), mengaku sudah mendapat laporan terkait gim siksa guru ini.

Pria yang karib disapa Chief RA ini juga mengatakan sudah mencoba membuka laman gim Pukul Guru Anda tersebut dan belum tersedia di smartphone ataupun tablet.

"Proses blokir sudah disiapkan, walau di smartphone dan tablet enggak ada, tetapi kan ini ada di desktop dan meresahkan masyarakat," ujar Rudiantara kepada Tekno Liputan6.com.

Kendati begitu, Rudiantara telah meminta kepada tim di Kemkominfo untuk mengecek secepatnya.

"Saya sudah minta teman-teman di Kemkominfo untuk cek lagi secepatnya dan paralel siapkan proses pemblokiran, mengingat judulnya yang provokatif dan (kemungkinan besar) kontennya negatif," kata Rudiantara.

"Secepatnya dalam artian masuk ke daftar negatif, dan nanti akan diatur operator penyelenggara internet dengan sistem, jadi enggak manual," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pukul Guru Anda

Pukul Guru Anda merupakan gim yang juga ada versi Inggrisnya dengan judul "Don't Whack Your Teacher". 

Saat membuka permainan, pemain akan diberikan peringatan bahwa konten dari gim ini mengandung adegan visual kekerasan dan brutal.

Secara modus permainan, pemain akan menjadi 'siswa' yang bertugas untuk memukul gurunya. Mengambil setting ruang kelas, si siswa harus melempar berbagai jenis objek ke guru sampai akhirnya ia tewas.

 

3 dari 3 halaman

Siksa dengan Berbagai Benda

Ada beberapa objek yang bisa diambil, mulai dari termos air, kursi, tas, gunting, semprotan serangga, dan masih banyak lagi. Pemain harus mengambil salah satu dari barang dan langsung melemparnya ke si guru.

Gim menawarkan sistem naik level. Jika berhasil level up, pemain bisa menggunakan lebih banyak objek-objek lain yang ada di dalam kelas, seperti tongkat baseball, payung, dan vas bunga.

Visualisasi dari gim ini cukup brutal, karena menghadirkan darah dan adegan-adegan yang tidak pantas disaksikan anak di bawah umur.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.