Sukses

Laris Manis, Nintendo SNES Classic Terjual 4 Juta Unit

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo baru saja mengumumkan pencapaian luar biasa dari konsol lawasnya yang diproduksi kembali, SNES Classic Edition.

Berdasarkan laporan terbaru, replika miniatur dari Nintendo SNES itu berhasil terjual empat juta unit.

Dikutip dari Tech Spot, Sabtu (3/2/2018), informasi ini diketahui dari laporan tahunan perusahaan. Jumlah tersebut terbilang baik, mengingat SNES Classic Edition baru rilis pada September 2017.

Di samping itu, Nintendo juga berhasil meraih hasil penjualan yang terbilang baik dari Nintendo Switch. Konsol hybrid itu berhasil terjual 13 juta unit sejak diluncuran awal 2017.

Selain mengumumkan hasil penjualan SNES Classic, raksasa gaming Jepang itu memiliki rencana baru terhadap salah satu konsol lawasnya. Nintendo menyebut akan melanjutkan penjualan NES mini atau NES Classic Edition di tahun ini.

"Kami mengumumkan akan melanjutkan produksi untuk NES Classic Edition tahun ini. Kami juga berencana untuk melanjutkan penjualan NES Classic Edition dan SNES Classic Edition tahun ini," ujar perusahaan.

Keputusan ini diambil Nintendo bukannya tanpa alasan. Nintendo menyebut langkah ini membuka kesempatan bagi orang-orang yang tak pernah berhubungan atau sudah lama tak bermain video gim untuk tertarik pada Nintendo Switch.

Untuk informasi, SNES Classic Edition merupakan konsol remake dari SNES atau Super Nintendo yang dirilis pada akhir 2017. Sama seperti NES Classic, konsol ini tak menggunakan kartrid untuk bermain gim.

SNES Classic memiliki 21 judul gim yang dapat dimainkan. Beberapa judul tersebut adalah Earthbound, Kirby’s Dream Course, Street Fighter 2′ Turbo: Hyper Fighting, Super Castlevania 4, Super Punch-Out, Super Mario World, dan The Legend of Zelda: A Link to the Past.

 

1 dari 3 halaman

Nintendo: Jangan Beli SNES Classic Edition dengan Harga Tinggi

Sejak meluncur tahun lalu, permintaan konsol SNES Classic Edition memang berhasil menarik perhatian banyak orang.

Karena itu, President Nintendo America, Reggie Fils-Aime, memperingkatkan gamer untuk tidak membeli konsol SNES Classic Edition dengan harga yang tak wajar.

"Saya mendesak kamu untuk tidak membeli SNES Classic di situs lelang dengan harga tinggi. Harga konsol tersebut tidak lebih dari US$ 79,99," kata Fils-Aime.

Untuk menghindari distribusi konsol yang tak merata seperti tahun lalu, Fils-Aime mengklaim, Nintendo sudah meningkatkan produksi SNES Classic Edition secara drastis.

2 dari 3 halaman

Konsol SNES Classic Edition Sudah Bisa Diretas

Beberapa gamer juga dilaporkan sudah mampu meretas konsol dan mulai menambahkan gim-gim pilihan mereka sendiri ke dalam konsol.

Seperti aksi peretasan lainnya, gamer yang ingin meretas konsol SNES Classic Edition membutuhkan tool atau software khusus bernama hackchi2.

Dengan tool ini, kamu harus meng-install curstom firmware ke dalam konsol, dan mengubah format gim-gim yang ingin kamu tambahkan ke dalam konsol ke format file .SFROM sebelum bisa dimainkan.

Sekadar informasi, Nintendo menyertakan 20 gim lawas dan satu gim yang belum pernah dirilis di pasaran pre-installed di SNES Classic Edition.

Beberapa gim yang sudah ter-install di dalam konsol antara lain EarthBound, Super Mario World, dan The Legend of Zelda: A Link to the Past.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Mobile Legends Jadi Gim Mobile Paling Hits Sepanjang 2017
Artikel Selanjutnya
Pemain Baru, Wuling Nikmati Masa Bulan Madu