Sukses

Video Orasi Zumi Zola di Aksi 212 Kembali Viral

Zumi Zola sempat berorasi di Aksi 212 untuk membela agama. Sekarang ia menjadi tersangka KPK akibat terjerat kasus suap.

Liputan6.com, Jakarta - Selama sepekan terakhir, publik Indonesia dikejutkan dengan dijadikannya Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka suap.

Salah satu kasus yang menjerat Zumi Zola adalah dugaan menerima suap dari kontraktor untuk anggota DPRD. Kasus ini disebut 'suap ketok palu'. Total suap di kasus tersebut diduga mencapai Rp 6 miliar.

Zumi Zola bukan sosok yang asing di kalangan publik Indonesia, selain statusnya sebagai selebritis dan gubernur berusia muda, Zumi Zola juga beberapa kali menarik perhatian warganet akibat videonya saat marah-marah di rumah sakit dan orasinya di dalam aksi damai 212.

Pada Desember 2016 yang lalu, Zumi Zola bergabung bersama aksi damai 212 di Simpang Tugu Juang di kota Jambi bersama massa untuk memberikan orasi terhadap kasus penistaan agama yang menimpa Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

Aksi orasi Zumi Zola yang terekam dalam video yang di-upload oleh JambiTV itu mendadak kembali viral setelah ia ditetapkan sebagai tersangka kasus suap. 

"Tentu kita sebagai umat muslim, sebagai umat Islam, ketika agama kita diserang, ketika agama kita dicoba untuk dinodai oleh pihak-pihak tertentu, wajib hukumnya kita untuk membela," kata Zumi Zola dalam video tersebut.

Ia kemudian dengan lantang bertakbir bersama para peserta aksi bela Islam jilid II. Pada aksi tersebut, Zumi Zola juga menghimbau agar proses hukum dapat dijalankan sebaik-baiknya serta mengapresiasi aksi yang kondusif.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Warganet

Ditetapkannya Zumi Zola sebagai tersangka suap juga memicu beragam respons dari warganet. Kebanyakan juga melontarkan cuitan terkait viralnya kembali video Zumi Zola di dalam aksi 212.

Tak sedikit cuitan bernada guyon dan sindiran dilempar kepada pria yang sempat membintangi beberapa sinetron tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, simak kumpulan cuitan warganet seputar Zumi Zola berikut ini:

3 dari 3 halaman

Sempat Dibela Wanita Tak Dikenal di Depan Gedung KPK

Pada Januari 2018, seorang wanita tak dikenal yang mengaku sebagai adik Zumi Zola tampak berorasi di depan gedung KPK untuk membela Zumi Zola.

Dalam orasinya yang penuh semangat, wanita tersebut turut menyalahkan Presiden Jokowi, lalu ia juga melafalkan Pancasila, dan mengkritik OTT yang dilakukan KPK. Kemudian wanita tersebut semakin emosional dan menangis di tengah jalan.

KPK sebetulnya memang sudah membidik Zumi Zola sejak akhir tahun lalu akibat dugaan suap RAPBD.

Zumi Zola bukanlah pejabat pertama yang diusut di kasus ini. Sebelumnya, KPK sudah mengusut yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekretaris Daerah Jambi Erwan, Plt Kadis PUPR Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.