Sukses

Soyuz Akan Meluncur Awal April

Tanggal peluncuran tiga astronot AS dan Rusia ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional telah ditentukan. Soyuz TMA-21 akan meluncur ke ISS dari landasan peluncuran Baikonur, Rusia, di Kazakhstan.

Liputan6.com, Moskow: Rusia telah menentukan tanggal baru peluncuran tiga astronot Amerika Serikat dan Rusia ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Pengumuman tersebut berjarak hampir sepekan setelah adanya masalah pada pesawat Soyuz yang memaksa Rusia membatalkan peluncuran.

Kepala Badan Ruang Angkasa Rusia Anatoly Perminov sebagaimana dikutip kantor-kantor berita Rusia, belum lama ini, mengatakan, Soyuz TMA-21 akan meluncur ke ISS pukul 11.18 GMT pada 5 April dari landasan peluncuran Baikonur, Rusia, di Kazakhstan.

Soyuz TMA-21, akan membawa astronut NASA Ronald Garan dan kosmonot Rusia Andrei Borisenko dan Alexander Samokutyayev ke ISS. Pesawat dinamai Gagarin, seorang tokoh besar dalam perlombaan ke ruang angkasa pada saat perang dingin antara AS dan Uni Soviet.

Rusia telah menangguhkan peluncuran itu untuk memecahkan masalah komunikasi pada Soyuz, yang menimbulkan kekhawatiran mengenai keandalannya. Sementara NASA, yang akan memensiunkan armada ulang-aliknya, telah mengandalkan secara eksklusif pesawat Soyuz Rusia untuk pengangkutan awak ke stasiun ruang angkasa sejak akhir 2009.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.