Sukses

Zuckerberg Cerita Jatuh Bangun Kesuksesan Facebok di Ultah ke-14

Mark Zuckerberg bercerita soal jatuh bangun Facebook hingga mencapai sukses di usianya ke-14 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 4 Februari bisa dianggap sebagai hari yang spesial bagi Facebook. Pasalnya, pada 4 Februari 2018, Facebook merayakan ulang tahunnya yang ke-14.

Ya, jejaring sosial dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar ini telah menginjak usia remaja. Di hari ulang tahun Facebook ke-14 ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg secara spesial menuliskan harapannya untuk Facebook.

"Hari ini adalah ulang tahun Facebook yang ke-14. Ini adalah saatnya kita merenungkan sejauh apa kita berjalan, mulai dari kamar asrama di Harvard hingga saat ini menghadirkan dunia lebih dekat. Ini menjadi momen untuk memikirkan, Facebook harus menjadi lebih baik," tulis Zuckerberg dalam unggahan di akun Facebook yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (5/2/2018).

Mark Zuckerberg di asrama kampus Harvard (Sumber: Business Insider)

Zuck juga bercerita, ia baru berusia 19 tahun saat memulai Facebook. Walaupun kini jadi bos perusahaan internet raksasa, dia mengaku dahulu sama sekali tidak tahu apa-apa soal membangun perusahaan.

Suami Priscilla Chan ini juga menuliskan, selama bertahun-tahun Facebook ada, dirinya membuat banyak kesalahan.

"Aku berbuat banyak kesalahan teknis dan keputusan bisnis yang salah. Aku mempercayai orang yang salah dan menempatkan orang-orang penuh talenta di posisi yang salah," tuturnya.

Tidak hanya itu, ayah dua orang putri ini berkata, dirinya sempat melewatkan berbagai tren penting, lamban, dan meluncurkan produk setelah produk tersebut gagal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesalahan Bikin Facebook Sukses

Lebih lanjut, Zuck mengatakan, kesalahan-kesalahan itulah yang pada akhirnya membuat dirinya sukses menghadirkan miliaran orang ke dalam komunitas Facebook.

Keberhasilan itu, kata Zuck, karena Facebook berusaha menyelesaikan berbagai tantangan. "Kita akan gagal lagi dan lagi, tapi itu adalah satu-satunya cara untuk membuat kemajuan," ujarnya.

Pria 33 tahun ini mengatakan, meskipun sudah menginjak usia 14 tahun, Facebook masih berada di awal perjalanannya dan akan terus memperbaiki layanan.

3 dari 3 halaman

Fokus Jadi Lebih Baik

"Tujuan tersebut selalu menjadi kekuatan kami, dan tahun ini kami fokus menjadi lebih baik," ujarnya.

Selama 14 tahun ini, Facebook, kata dia, sudah mendekatkan pengguna dengan keluarga dan teman-teman.

"Saya bangga dengan apa yang kami kerjakan dan bangga menjadi salah satu bagian dari sesuatu yang sangat berarti. Suatu kehormatan bisa ada dalam perjalanan ini dengan kalian," kata Zuck.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.