Sukses

Ponsel Basah Kena Hujan? Jangan Lakukan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel tercebur air adalah mimpi buruk bagi semua orang. Rasa panik, marah, ingin menangis langsung bercampur di dalam perasaan.

Bagaimana tidak, ponsel tentu bukan barang murah. Kemungkinan rusak pasti ada, mengingat ponsel langsung basah setelah tercebur.

Bila sudah mengalami kejadian seperti ini, pengguna pun langsung kesulitan mengambil cara yang benar untuk mengeringkan ponsel tercebur air.

Seringkali dalam kepanikan, mereka malah melakukan hal yang memperburuk situasi. Bisa saja orang tersebut langsung melakukan hal-hal yang tanpa ia sadari malah tambah merusak ponsel mereka.

Apa saja yang jangan dilakukan bila ponsel tercebur air? Berikut daftarnya sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari laman Android Authority pada Selasa (6/2/2018).

1 dari 4 halaman

1. Jangan Dipencet-pencet

Ponsel yang tercebur  baiknya jangan dipencet-pencet. Android Authority mengingatkan bahwa memencet tombol atau layar di ponsel dapat mengakibatkan air yang didalamnya dapat terdorong ke komponen yang lebih dalam lagi.

Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan bisa lebih merusak ponsel kamu. Selain itu, jangan mencoba menyalahkan ponsel ketika masih basah, karena dapat mengakibatkan korslet. 

Lantas, bagaimana jika ponsel masih menyala? Disarankan agar jangan mematikan ponsel dengan memencet tombol on atau off, karena bisa mengakibatkan korslet, dan bila memungkinkan langsung saja melepaskan penutup baterai.

 

2 dari 4 halaman

2. Jangan Memakai Pengering Rambut

Memakai pengering rambut sepertinya menjadi ide yang bagus untuk menanggulangi ponsel yang basah kuyup, akan tetapi hal ini tidak disarankan. 

Sebab, tekanan udara dari pengering rambut justru dapat mendorong air ke tempat yang lebih dalam di ponsel.

Panas dari pengering rambut juga tidak baik untuk ponsel. Pasalnya, panas pengering rambut bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusaknya.

3 dari 4 halaman

3. Jangan Dibawa-bawa

Ketika ponsel basah, yang paling baik dilakukan adalah meletakannya di permukaan datar, kalau bisa di atas tisu atau handuk. 

Ponsel basah kuyup yang justru dibawa-bawa akan turut menggerakan air di dalam ponsel tersebut, sehingga bisa saja air malah masuk ke komponen yang lebih dalam.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Nyeri Sendi, Obati dengan 6 Tips Berikut Ini
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Tanpa Sadar Jadi Penyebab Rusaknya Rambutmu