Sukses

Cek Titik Banjir Jakarta Lewat Aplikasi Ini

Segera cek titik banjir di Ibu Kota lewat platform PetaBencana.id. Simak caranya berikut ini:

Liputan6.com, Jakarta - Banjir kembali melanda Ibu Kota pada Senin (5/2/2018). Akibatnya, sejumlah titik di Jakarta menjadi lumpuh.

Diketahui, banjir berasal dari air kiriman Bogor dan juga menjadi dampak hujan besar yang berkelanjutan dari siang hingga sore pada kemarin.

Kini, pada Selasa (6/2/2018), sejumlah wilayah di Jakarta Selatan dan Timur sudah terendam banjir. Bagi kamu yang ingin mengetahui lokasi mana saja yang terkena banjir, kamu bisa menggunakan beberapa opsi seperti mengecek informasi dari akun Twitter TMC Polda Metro Jaya atau BPBD.

Namun, kamu juga bisa mengecek status dan lokasi banjir Ibu Kota lewat aplikasi PetaBencana.id

Dalam situs resminya, PetaBencana.id adalah layanan yang menggunakan laporan warganet dari media sosial. Dari situ, mereka akan mengelola dengan mengumpulkan, menyortir, serta menampilkan informasi banjir secara langsung.

PetaBancana.id merupakan layanan yang diprakarsai oleh Humanitarian Infrastructure Group di MIT.

Tujuannya sendiri adalah untuk mengembangkan CogniCity Open Source Software (CogniCity OSS) sebagai platform gratisan dan terbuka untuk manajemen bencana di kota-kota besar Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Kamu bisa mengunjungi layanan ini lewat browser dengan mengetik PetaBencana.id atau juga kunjungi langsung tautan berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecek

PetaBencana.id menawarkan empat kota yang bisa dipantau, mulai dari Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang. Layanan akan menampilkan wilayah mana yang tergenang banjir dengan empat warna berbeda.

Warna merah, misalnya, menunjukkan tinggi air lebih dari 150 cm. Warna oranye menunjukkan tinggi air dari 71 sampai 150 cm, sedangkan warna kuning tinggi air bisa mencapai 10 sampai 70 cm. Selain itu, ada juga warna ungu yang memperlihatkan keterangan 'hati-hati'.

Untuk diketahui, PetaBencana.id menggunakan konsep 'manusia sebagai sensor terbaik' dengan melaporkan langsung dan pihak pengelola akan langsung menampilkan data yang akurat.

Mereka mengklaim, pengolahan data dilakukan dengan cepat dan minim biaya.

3 dari 3 halaman

Tinjau Banjir Kebon Pala, Anies Baswedan Minta Warga Sabar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau banjir di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Anies yang mengenakan pakaian dinas harian (PDH) datang sekitar pukul 12.30 WIB. Dia langsung dikelilingi warga.

Anies lalu menghampiri petugas kebersihan dan pemadam kebakaran yang berada di dekat permukiman yang terendam banjir.

Memasuki RW 07, Anies disambut genangan dan lumpur dengan ketinggian sekitar betis orang dewasa. Dengan bersepatu bot, Anies memasuki gang-gang sempit yang tergenang itu.

"Pak Anies, semua rusak ini Pak, kena air semua," ujar salah satu ibu yang rumahnya tergenang pada Anies, Selasa (6/2/2018).

Anies pun meminta warga itu bersabar. "Sabar ya, Bu, semoga mendapat ganti lebih baik," ucap Anies.

Dia pun melanjutkan blusukannya hingga ke gang-gang kecil. Warga mengadu pada sang Gubernur. Anies pun berjanji akan menyiapkan pengungsian dan bantuan yang baik.

Terdapat dua RW yang terdampak pada banjir kali ini, yakni RW 07 dan 08 Kebon Pala. Warga yang mengungsi berada di SMP 26 Jakarta.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini