Sukses

Yuk, Warnai Gambar Abad Pertengahan di Perpustakaan Digital Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma untuk anak-anak, aktivitas mewarnai ternyata juga sudah menjadi tren zaman now untuk orang dewasa.

Hal tersebut dikarenakan mewarnai mengurangi stres. Tak aneh bila buku mewarnai untuk orang dewasa mudah ditemukan.

Jika kamu bosan dengan buku mewarnai untuk orang dewasa yang sudah terlalu mainstream, tidak ada salahnya kamu menjajal mewarnai gambar-gambar dari abad pertengahan.

Adalah Bodleian Library (Perpustakaan Bodleian) yang berinisiatif meng-upload koleksi gambar-gambar yang berasal dari abad pertengahan agar bisa dipakai mewarnai oleh khalayak.

Bodleian Library melakukan hal ini dalam rangka merayakan tagar #ColorOurCollections di mana para institusi yang memiliki spesialiasi presevarsi digital memamerkan koleksi gambar-gambar kuno yang mereka miliki untuk diwarnai.

Perpustakaan Bodleian yang berada di Universitas Oxford memang aktif melakukan digitalisasi lewat Bodleian Digital Library (Perpustakaan Digital Bodleian).

Di samping melakukan integrasi perpustakaan-perpustakaan di Universitas Oxford, Perpustakaan Digital Bodleian juga mengurus digitalisasi berbagai dokumen dan manuskrip bersejarah untuk kepentingan preservasi dan agar manuskrip-manuskrip tersebut dapat dinikmati khalayak ramai di seluruh penjuru dunia.

Untuk melihat gambar-gambar manuskrip yang bisa dipakai untuk aktivitas mewarnai, gambar bisa di-download lewat PDF yang tertera di bagian bawah. Lebih jelasnya lihat di sini.

1 dari 2 halaman

Mewarnai Dapat Mengurangi Stres

Mewarnai ternyata dapat meredakan stres. Hal itu dikarenakan warna-warna yang digunakan dalam mewarnai dapat melupakan permasalah yang dihadapi sejenak. Selain membantu meredakan stres, mewarnai juga mengusir perasaan cemas.

Kemampuan motorik juga dapat dikembangkan lewat mewarnai, karena mata yang memerhatikan keseimbangan warna pada gambar yang rumit dapat melatih keterampilan motorik.

Selain mudah dan seru dilakukan, kegiatan mewarnai juga dapat dilakukan bersama-sama dengan para sahabat dan keluarga, sehingga kegiatan ini juga dapat membantu mengusir rasa kesepian.

(Tom/Isk)

Artikel Selanjutnya
Terkuak, Ini 5 Fakta Rahasia Dunia Hiburan Korea Utara
Artikel Selanjutnya
Pengembaraan Melissa Sunjaya Hasilkan Koleksi Terbaru Tulisan