Sukses

Paula Modersohn-Becker Jadi Google Doodle, Siapakah Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Kamis (8/2/2018), Google Doodle menampilkan ilustrasi sesosok wanita yang sekelilingnya tampak sejumlah lukisan.

Siapa wanita tersebut dan menginpirasi Google menampilkannya sebagai Google Doodle pada hari ini?

Ia adalah Paula Modersohn-Becker, pelukis muda asal Jerman yang lahir pada 8 Februari 1876. Diketahui, Paula merupakan salah satu seniman ekspresionis yang berani mengungkapkan keberanian, ambisi, ketegasan, dan perasaannya sendiri ke dalam sebuah lukisan.

Seperti Picasso dan Matisse, lukisan karya Paula memperkenalkan dunia di saat itu dengan konsep modernisme, sebuah ide baru yang menggerus berbagai metode tradisional di masa lalu.

Dikutip dari laman Wikipedia, Paula Modersohn-Becker merupakan salah satu pelukis wanita pertama yang melukis dirinya sendiri tanpa menggunakan busana.

Ia mencapai puncak kreatif di masa karir pendeknya pada 1906, di mana pada tahun itu saja dia menghasilkan lebih dari 80 lukisan.

 

1 dari 2 halaman

Kisah Tragis Paula Modersohn-Becker

Diketahui, bakat melukis Paula Modersohn-Becker sudah muncul semenjak dirinya berkunjung ke kediaman bibinya di London. Dikota tersebutlah, ia mulai belajar menggambar di St John's Wood Art School.

Untuk membiayai kuliahnya, ia pun menjadi guru lukis bagi pihak yang ingin belajar, dan pada usia ke-22 ia memutuskan untuk pindah ke Worpswede, Bremen.

Di sanalah ia bertemu dengan suaminya, Otto Modersohn, yang kemudian dinikahinya pada 1901.

Ingin mengejar ambisinya sebagai pelukis andal, ia pun memutuskan untuk menghabiskan waktu di Paris, tinggal terpisah dari pasangannya.

Mencapai puncak karirnya pada 1906, Paula memutuskan untuk kembali ke suaminya dan pasangan itupun memiliki anak pertamanya yang diberi nama Mathilde, pada 2 November.

Sayang, kegembiraan keluarga ini pun hanya berlangsung singkat. 19 hari kemudian, Paula mengeluhkan sakit kaki setelah melahirkan, dan disarankan oleh dokter untuk tetap di tempat tidur.

Tragis, pada 21 November, setelah disuruh berjalan dan beberapa langkah saja, ia pun meninggal mendadak pada usia 31 tahun.

Meski usianya baru 31 tahun, Paula Modersohn-Becker sudah menghasilkan 750 lukisan dan sekitar 1000 gambar.

(Ysl/Isk)

Artikel Selanjutnya
Ups, 3 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Baterai Smartphone Boros
Artikel Selanjutnya
Foto Instagram Stories Bakal Bisa Diunggah dalam Berbagai Ukuran