Sukses

Tips Hindari Kejahatan di Dunia Maya

Kejahatan dengan menggunakan media internet semakin marak dengan beragam modus atau cara penipuan. Hendaknya Andapun berhati-hati untuk menghindari kejahatan di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta: Kejahatan dengan menggunakan media internet semakin marak. Kasus penipuan yang dilakukan Selly, perempuan yang memperdaya puluhan korban melalui situs jejaring sosial, jadi contoh agar Anda berhati-hati dalam menjalin pertemanan maupun melakukan transaksi jual beli.

Menurut pengamat teknologi informasi Abimanyu, Selasa (29/3),ada beragam cara kejahatan dalam dunia maya. Di antaranya phishing dimana sebuah situs menyediakan layanan atau jasa. Saat orang yang menggunakan situs tersebut tanpa sadar memberikan data pribadi, hal itulah yang kemudian akan digunakan untuk kejahatan.

Kejahatan juga bisa terjadi dalam online shopping dimana transaksi dilakukan antara pembeli dan penjual tanpa interaksi langsung. Jadi mulai sekarang Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kecanggihan teknologi.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.