Sukses

Selamat, Inilah Pemenang Indonesian Website Awards 2017

Liputan6.com, Jakarta - Exabytes Indonesia resmi mengumumkan daftar pemenang penghargaan Indonesian Website Awards (IWA) 2017. Ada tiga pemenang yang masuk dalam penghargaan Indonesian Site of The Year 2017.

Ketiga pemenang masuk ke dalam kategori berbeda-beda, mulai dari Personal, Commercial (UKM) hingga e-Commerce.

Untuk pemenang penghargaan kategori Personal diraih oleh Ublik (Ublik.id), untuk kategori Commercial direngkuh oleh Artforia (Artforia.com), dan yang terakhir kategori e-Commerce diraih Pink Petals Indonesia (pinkpetals.id).

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia, mengungkapkan pentingnya momen penghargaan Indonesian Website Awards. Menurutnya perhelatan ini perlu dilakukan rutin setiap tahunnya.

"Kita tahu penghargaan kan banyak jenisnya, ada film, musik, iklan, situs web pun jangan mau ketinggalan. Lagi pula, saat kita berkunjung ke situs web, kita sering lupa kalau ada orang di belakang layar yang tugasnya membuat tampilan situs web menarik dan mudah dipahami," kata Indra saat konferensi pers Indonesian Website Awards 2017 di EvHive City, Plaza Kuningan Tower Selatan, Kamis (8/2/2018) sore.

"IWA bermaksud memberikan penghargaan kepada orang tersebut agar nantinya bisa berkarya lebih baik lagi, serta terus memperbaiki situs web-nya dari waktu ke waktu," tambahnya menerangkan.

Adapun kriteria penilaian sebuah situs web agar bisa menang, lanjut Indra, terdiri dari tiga faktor penilaian: konten (SEO, Search Engine Optimization), Desain, serta Performa dari situs web itu sendiri.

"Ketiga faktor ini harus berkesinambungan, makanya sebuah situs web layak dinilai baik itu tidak cuma dari visual saja, tetapi dari kinerja dan informasi yang disampaikan itu bisa dipahami pengunjung dan sesuai dengan tujuan pembuat situs web," papar Indra.

1 dari 3 halaman

Merangkul UKM

Exabytes Indonesia juga memiliki misi untuk merangkul lebih banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia agar bisa go digital berkarya dengan situs web.

Menurut Indra, situs web bagi pelaku bisnis seperti UKM merupakan hal penting karena bisa memperluas pemasaran produknya secara online dan bisa menjadi identitas mereka.

"UKM yang memiliki situs web sendiri dapat meningkatkan branding mereka di internet karena sebagian besar transaksi yang terjadi sudah secara online," ujar Indra.

Untuk informasi, Exabytes Indonesia turut menggandeng sejumlah juri untuk menilai situs web mana saja yang layak menjadi pemenang.

Beberapa di antaranya seperti Dickie Widjaja, CIO PT Investree Radhika Jaya; Fajar Budiprasetyo, Co-Founder & CTO HappyFresh Group; Olivia Lautner, Indonesia Associate Country Manager Carousell; Doan Lingga dan Andry Chowanda, Head of Program of Game Application Technology BINUS University.

2 dari 3 halaman

Mendorong Industri Situs Web

Pertama kali diadakan di Indonesia, IWA 2017 diadakan untuk menghargai talenta dan usaha dari web designer serta para pelaku UKM digital dalam menggarap situs web-nya.

Pada kesempatan yang sama, IWA juga dilaksanakan untuk mendorong kreativitas, dan kemajuan industri web design di Indonesia dan mendorong digitalisasi para UKM Indonesia.

Pada tahun pertamanya, IWA 2017 didukung sederet startup, seperti EvHive, WACA (Web Analytics Consultants Association), DOKU, EasyParcel, Djaring.id, CloudNineCakery, dan Payoe Printing.

Malam penghargaan ini juga didukung oleh media ternama nasional. Beberapa di antaranya Liputan6.com, Bintang.com, dan Vidio.com.

Untuk informasi lebih lengkap soal Exabytes selaku penyelenggara Indonesia Website Awards 2017, kamu bisa langsung kunjungi tautan berikut ini.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Ashley Graham Buktikan Model Curvy Bisa Ikut Kampanye Kosmetik
Artikel Selanjutnya
Di Seoul Music Awards 2018, Taemin Berduka hingga BTS Menang