Sukses

Deretan TV hingga Kulkas Pintar Ramaikan Samsung Forum 2018

Liputan6.com, Roma - Samsung kembali menggelar ajang Samsung Forum 2018. Dalam ajang tahunan ini, perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan deretan produk terbarunya, mulai dari televisi pintar hingga mesin cuci.

Internet of Things (IoT) kembali menjadi fokus perusahaan untuk tahun ini. Menurut President and CEO Samsung Electronics, Southeast Asia, Simon Lee, menuturkan Samsung berupaya untuk menciptakan produk dan solusi terbaik untuk membuat kehidupan konsumen lebih mudah dan baik.

"Untuk itu, tahun ini kami sekaligus memperkenalkan aplikasi anyar yang mengontrol seluruh perangkat, yakni SmartThings," tuturnya saat gelaran Samsung Forum 2018 di Roma, Italia, Kamis (8/2/2018). Aplikasi ini didesain untuk memungkinkan pengguna mengontrol perangkat pintar lain dari satu komando.

Lee mengatakan, salah satu yang dapat memanfaatkan aplikasi ini adalah TV pintar Samsung. Jadi, pengguna dapat memanfaatkan TV pintar-nya untuk mengontrol perangkat lain dalam satu ekosistem Internet of Things, mulai dari AC hingga lampu.

"Aplikasi ini menjadi strategi Samsung untuk menciptakan IoT terintegrasi. Apalagi, TV sudah menjadi bagian penting dari ekosistem kami," tuturnya. Selain melalui aplikasi ini, Samsung juga sudah menyiapkan SmartThings Cloud dan Bixby sebagai pendukung.

 

1 dari 3 halaman

Rencana Samsung di Lini TV

Samsung kembali menggelar ajang tahunan Samsung Forum 2018. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Mengingat TV akan menjadi salah satu fokus, Samsung sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mempertahankan performanya. Sekadar informasi, di Asia Tenggara dan Oseania, Samsung memang menjadi salah satu pemimpin di bisnis TV.

"Di pasar, pertumbuhan untuk TV UHD mencapai 46 persen dan kami berencana untuk terus meningkatkannya. Sebab, kami percaya IoT dapat membantu kehidupan konsumen makin mudah," Director of Consumer Electronics, Samsung Vietnam, Simon Sim.

Ia menuturkan, seluruh lini produk TV yang rilis di tahun ini akan dibekali dengan aplikasi SmartThings. Lewat aplikasi ini, pengguna dimungkinkan mengatur seluruh perangkat pintar di rumah langsung dari layar TV.

"Dari sisi konten, kami juga menjanjikan pengalaman yang lebih baik karena sudah menggandeng sejumlah penyedia kenamaan," ujarnya menjelaskan. Tak hanya televisi, Samsung juga mengungkap sejumlah produk anyar yang diperkenalkan di gelaran Samsung Forum 2018 ini.

 

2 dari 3 halaman

Kulkas Pintar dan Mesin Cuci

Samsung kembali menggelar ajang tahunan Samsung Forum 2018. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Menyusul kehadiran Family Hub 2.0 yang hadir tahun lalu, Samsung juga sudah menyiapkan generasi terbaru dari kulkas pintar. Mengusung nama Family Hub 3.0, mesin pendingin ini sudah dibekali pula dengan bixby.

"Sama seperti TV, layar di kulkas Home Credit 8.0 juga sudah dibekali aplikasi SmartThings. Dengan kata lain, kulkas juga dapat digunakan sebagai pusat komando perangkat pintar lain, seperti mengontrol AC atau mesin cuci.

Dalam versi terbaru ini, Samsung juga membekalinya dengan bixby. Jadi, kulkas pintar ini sudah dapat dioperasikan dengan memanfaatkan perintah suara.

"Family Hub merupakan perangkat yang lebih dari sekadar kulkas. Sejak diperkenalkan, perangkat ini menghasilkan segmen baru di kategori home appliances," ujar Simon.

Sementara dari mesin cuci, perusahaan memperkenalkan produk anyar yang dibekali teknologi QuickDrive. Menurut Head Appliances Business Unit Samsung Filipina, Ramond Medina, teknologi ini memungkinan proses pencucian baju berjalan jauh lebih singkat.

""Kamu hanya perlu waktu 39 menit untuk mencuci pakaian. Selain itu, mesin cuci ini juga divekali aplikasi yang mampu memberi tahu bahan pakaian yang berbeda-beda untuk optimalisasi waktu mencuci," tuturnya menjelaskan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Foto Hands-On Diduga Xiaomi Mi 6X Beredar di Internet
Artikel Selanjutnya
Ini Tanggal Peluncuran Resmi Samsung Galaxy S9