Sukses

Asisten Virtual Bixby Kini Hadir di Kulkas Pintar Samsung

Liputan6.com, Roma - Samsung kembali menghadirkan kulkas pintar terbarunya dalam gelaran Samsung Forum 2018 di Roma, Italia. Kali ini, perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan kehadiran Family Hub 3.0.

Hadir sebagai generasi ketiga, Samsung membenamkan sejumlah fitur anyar. Salah satu yang menjadi perhatian adalah dukungan aplikasi SmartThings.

Melalui aplikasi ini Family Hub dapat mengontrol perangkat pintar lain yang ada di rumah. Fitur serupa juga sudah tersedia di TV pintar Samsung.

"Visi kami kian sederhana untuk perangkat dapur, menjadikan Family Hub tak sekadar kulkas biasa. Karena itu, di tahun ini kami terus meningkatkan kemampuannya," tutur Director of Home Appliances Samsung Electronica Philippines Ramon Medina.

Selain kehadiran aplikasi SmartThing, Family Hub generasi terbaru ini juga dibekali dengan Bixby. Berbekal asisten virtual ini pengguna dapat berinteraksi dengan kulkas melalui perintah suara.

Sama seperti seri sebelumya, kulkas baru Samsung ini sudah dibekali layar untuk membantu operasi. Melalui layar itu pula pengguna bisa mengetahui isi kulkas dari sisi luar karena di bagian dalam pintu sudah disematkan kamera.

"Melalui layar ini pengguna dapat mengetahui beragam informasi, seperti informasi kadaluarsa makanan, termasuk menyediakan meal planner untuk membuat daftar belanja atau sekadar pengingat," ujar Medina.

Di seri terbaru ini Samsung juga menyertakan speaker berkualitas tinggi dari AKG. Karena itu, Family Hub 3.0 dapat digunakan untuk memutar musik, termasuk melakukan streaming konten dari smartphone.

1 dari 3 halaman

Generasi Kedua Family Hub

Jens Anders, Head of Consumer Electronics Samsung Electronics New Zealand.

Generasi kulkas kedua Samsung diperkenalkan pada tahun lalu. Perangkat rumah tangga ini hadir dengan sejumlah peningkatan dari sisi integrasi aplikasi termasuk yang berasal dari rekanan.

Kulkas ini juga didukung dengan kamera built-in dan aplikasi View Inside yang memungkinkan pengguna melihat makanan dalam kulkas tanpa perlu membuka pintu. Pengguna juga dapat membuat daftar belanjaan dari layar yang tersedia di bagian depan.

Layar sentuh berukuran 21,5 inci ini berfungsi sebagai papan digital interaktif. Anggota keluarga juga dapat membuat profil pribadi menggunakan aplikasi Family Hub di smartphone, lalu berbagi foto, memo, maupun kegiatan yang dapat ditampilkan langsung di layar kulkas tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Fokus Samsung di Internet of Things

Director of Consumer Electronics Samsung Vietnam, Simon Sim, saat presentasi di Samsung Forum 2018 resmi digelar di Roma, Italia. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Internet of Things (IoT) kembali menjadi fokus perusahaan untuk tahun ini. President and CEO Samsung Electronics, Southeast Asia Simon Lee menuturkan Samsung berupaya untuk menciptakan produk dan solusi terbaik untuk membuat kehidupan konsumen lebih mudah dan baik.

"Untuk itu, tahun ini kami sekaligus memperkenalkan aplikasi anyar yang mengontrol seluruh perangkat, yakni SmartThings," tuturnya saat gelaran Samsung Forum 2018 di Roma, Italia, Kamis (8/2/2018) waktu setempat. Aplikasi ini didesain untuk memungkinkan pengguna mengontrol perangkat pintar lain dari satu komando.

Lee mengatakan, salah satu yang dapat memanfaatkan aplikasi ini adalah TV pintar Samsung. Jadi, pengguna bisa menggunakan TV pintar-nya untuk mengontrol perangkat lain dalam satu ekosistem Internet of Things, mulai dari AC hingga lampu.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Foto Hands-On Diduga Xiaomi Mi 6X Beredar di Internet
Artikel Selanjutnya
iPhone X Jadi Smartphone Paling Laris di Dunia Per Kuartal 4 2017