Sukses

5 Cara Atasi Sinyal 4G yang Mendadak Hilang pada Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna smartphone, pernah tidak, saat sedang asyik-asyiknya menonton video di Instagram tapi sinyal mendadak hilang? Tentunya hal semacam ini sangat menyebalkan.

Ya, hilang sinyal memang tidak bisa dihindari. Kendati begitu, ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan sebelum kamu mengadu ke bagian layanan pelanggan atau customer service operator. Apa saja yang dapat kamu lakukan?

1. Pindah ke Airplan Mode (Mode Pesawat)

Kalau sinyal di smartphone kamu mendadak hilang, satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memindahkan jaringan ke Airplan Mode atau Mode Pesawat.

Dengan memasuki Airplan Mode, otomatis smartphone kamu tak akan terhubung ke internet dan membuat jaringan ter-refresh sehingga bisa mengembalikan sinyal 4G saat mode ini dinonaktifkan.

Ini Fungsi Rahasia Airplane Mode yang Patut Kamu Ketahui. (Sumber: Tom's Guide)

1 dari 5 halaman

Ubah ke Setting-an 3G

2. Ubah ke Setting-an 3G

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memindahkan setting-an koneksi ke pilihan 3G only. Setelah mengubahnya selama beberapa menit, kamu bisa kembali memilih jaringan LTE alias 4G, sinyal di smartphone kamu pun akan ter-refresh.

Teknologi 4G memiiki speed 10x dari teknologi sebelumnya, 3G.

2 dari 5 halaman

Pindah ke Ruang Terbuka

3. Pindah ke Ruang Terbuka

Jika kamu berada di dalam ruang dan tiba-tiba sinyal 4G kamu hilang, kemungkinan besar smartphone kamu sedang tak bisa menangkap penuh sinyal 4G di tempat tersebut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat berada dalam kondisi seperti ini adalah dengan pindah ke luar ruangan. Dengan demikian, sinyal 4G akan muncul kembali dan bisa digunakan untuk internet-an.

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Sinyal Internet Hilang

3 dari 5 halaman

Restart Smartphone

4. Restart Smartphone

Cara yang satu ini cukup umum dan biasa dilakukan oleh pengguna smartphone yang mendadak kehilangan sinyal 4G mereka.

Dengan memilih restart smartphone, semua chace yang ada di smartphone akan dimuat ulang, termasuk juga fitur jaringan pada smartphone kamu.

Setelah di-restart, kemungkinan besar sinyal 4G kamu akan muncul kebali bahkan dengan sinyal yang penuh.

Ilustrasi restart ponsel Android. (Doc: Android Police)

4 dari 5 halaman

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

5. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Jika kamu menggunakan aplikasi penguat sinyal 4G terbaik pada smartphone, sinyal yang ada pada smartphone tidak akan gampang hilang secara tiba-tiba. Aplikasi-aplikasi semacam ini bisa kamu temukan di toko aplikasi Google.

Google Play Store. (Istimewa)

 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Hindari Phishing, Apple Tingkatkan Keamanan di iOS dan MacOS
Artikel Selanjutnya
Ups, 3 Aplikasi Ini Ternyata Bikin Baterai Smartphone Boros