Sukses

Nokia 8 Siap Sambangi Pasar Indonesia, Catat Tanggal Rilisnya

HMD Global akhirnya memperkenalkan Nokia 8 sebagai produk terbarunya untuk pasar Tanah Air, kapan?

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global akhirnya memastikan diri memboyong salah satu seri smartphone Nokia yang masuk dalam segmen high-end. Informasi ini diketahui dari undangan yang telah diterima Tekno Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Dari undangan tersebut diketahui, perusahaan asal Finlandia itu akan memperkenalkan Nokia 8 sebagai produk terbarunya untuk pasar Tanah Air. Rencananya, smartphone itu akan diperkenalkan pada 13 Februari 2018 di salah satu lokasi di bilangan Kuningan.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai harga smartphone ini untuk pasar Indonesia. Namun, sebagai perbandingan, harga Nokia 8 sendiri di beberapa negara dipatok sekitar Rp 9,3 juta.

Untuk informasi, Nokia 8 akan menjadi model smartphone Nokia kelima yang masuk Indonesia. Sebelumnya, HMD Global sudah menghadirkan Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, dan yang paling terbaru adalah Nokia 2.

Seri itu belum termasuk dengan model Nokia edisi nostalgia, yakni 3310. Namun, dapat dipastikan Nokia 8 akan menjadi model premium perdana dari seri Nokia terbaru yang mulai diperkenalkan tahun lalu.

Karenanya, menarik untuk menunggu informasi resmi dari HMD Global terkait smartphone ini. Nah, bagaimana denganmu? Apakah kamu salah satu yang turut menantikan model terbaru dari seri Nokia ini?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Nokia 8

Nokia 8 dibekali Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD. Adapun spesifikasi itu juga didukung dengan layar beresolusi Ultra HD berukuran 5,3 inci.

Sementara untuk software, Nokia 8 sudah menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Meski melakukan sejumlah kustomisasi pada tampilan software, HMD memastikan pengalaman menggunakan perangkat ini tak ubahnya Android stock.

Untuk urusan pengambilan gambar, perangkat ini mengandalkan kamera utama dengan lensa ganda. Keduanya memiliki resolusi 13MP dengan satu lensa berfungsi untuk menangkap warna dan satunya untuk hitam putih. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera utama beresolusi 13MP.

Baik kamera depan dan kamera utama Nokia 8 menggunakan lensa Zeiss dan sudah mendukung perekam video 4K. HMD Global juga membekali kamera perangkat ini dengan fitur yang diberi nama bothie. Fitur ini memungkinkan kamera depan dan kamera utama bekerja sekaligus untuk menangkap gambar.

Smartphone yang memiliki desain unibody dan pemindai sidik jari di bagian depan ini memiliki baterai berkapasitas 3.090 mAh dengan sertifikasi splashproof. Ada empat pilihan warna yang tersedia, yaitu Polished Blue, Polished Copper, Tempered Blue and Steel.

 

3 dari 3 halaman

Siap Kebagian Android Oreo

Nokia 8 juga dipastikan menjadi seri Nokia pertama yang akan mendapatkan pembaruan ke Android 8.0 Oreo. Hal ini dipastikan langsung oleh Chief Product Office HMD, Juho Sarvikas.

Sarvikas mengatakan, Nokia 8 akan segera mendapatkan pembaruan ke Android Oreo setelah pengujian beta selesai dilakukan. Lebih dari dua ribu pengguna Nokia 8 turut serta dalam pengujian tersebut.

"Kami memiliki lebih dari 2.000 pengguna Nokia 8 #nokiamobilebetalabs! Terima kasih banyak untuk semangat dan respons baik kalian. Kami mendengarkan itu semua dan akan menanggapinya. Kami akan segera merilis Android Oreo secara resmi untuk semua orang," tulis Sarvikas melalui akun Twitter miliknya tahun lalu.

Nokia 8 tidak akan menjadi satu-satunya smartphone HMD Global yang akan mendapatkan Android Oreo. Nokia 7, 6, 3 dan 2 juga akan mendapatkan pembaruan serupa secara bergantian.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.