Sukses

LRT Palembang Siap Beroperasi, Warganet Terkesima

Liputan6.com, Palembang - Tagar #LRTPalembangKeren pada Senin (12/2/2018) pagi ini menduduki peringkat pertama trending topic Twitter Indonesia.

Pantauan Tekno Liputan6.com, proyek pembangunan LRT Palembang memang sudah rampung. Maka, moda LRT dipastikan bakal beroperasi dalam waktu dekat.

Foto-foto LRT (Light Rapid Transportation) Palembang pun beredar di lini masa dan menuai decak kagum dari warganet. Banyak yang tak menyangka kalau LRT (Light Rail Transit) yang dibangun benar-benar ada di Kota Pempek.

Untuk diketahui, LRT Palembang dibangun oleh PT Waskita Karya. Pembangunan LRT Palembang sendiri ditargetkan akan selesai pada Februari 2018 dan lebih cepat dari yang sudah direncanakan.

Direktur Utama Waskita Karya ‎Muhammad Choliq mengatakan, jika pembangunan proyek LRT selesai pada Februari 2018, maka pada Maret 2018 transportasi massal tersebut bisa diuji coba.

Namun, untuk melaksanakannya harus menunggu kesiapan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyedia armada kereta LRT. "Maret mestinya uji coba bisa, cuma keretanya ada atau enggak? Tanya KAI," tutur Cholik.

Choliq melanjutkan, uji coba LRT akan memakan waktu selama 3 bulan. Adapun untuk pengoperasian secara optimal dijadwalkan pada Agustus 2018, bersamaan dengan ajang olahraga Asian Games‎.

"Uji coba 3 bulan minimal. Operasi optimal Agustus 2018," ‎dia menandaskan.

Untuk lebih lengkapnya, simak penampakan LRT Palembang yang sudah rampung beserta kumpulan kicauan warganet berikut ini:

1 dari 3 halaman

Angkut 4.000 Orang

Sebelumnya, Direktur Operasional Waskita Karya Adi Wibowo memaparkan jumlah orang yang dapat diangkut oleh LRT dalam setiap jam.

"Kami gunakan 14 train set, satu train set terdiri atas tiga gerbong dan dapat mengangkut 500 orang. Dengan 14 train set, maka dapat mengangkut 4.000 orang per jam per arah," jelas Adi.

Adi menyebutkan, perbandingan waktu tempuh LRT dari Ogan Permata Indah (OPI) ke Bandara melalui jalur darat dan LRT. Jika sekarang dengan jalur darat memakan 1,5 jam, tapi dengan LRT, waktu tempuh OPI ke Bandara itu 40 menit.

2 dari 3 halaman

13 Stasiun Pemberhentian

"Itu waktunya ‎terdiri dari 27 menit kereta berjalan dan 13 menit kereta berhenti (1 menit berhenti di tiap-tiap stasiun) di 13 stasiun," ucap Adi.

Saat ini LRT Palembang sedang dibangun dengan panjang 24,5 km, 13 stasiun pemberhentian, dan terdiri atas dua koridor.

Koridor pertama sepanjang 14,5 km dari Bandara ke Ampera. Koridor kedua dari Ampera ke Ogan Permata Indah (OPI) sepanjang 10 km.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Jokowi Ajak Menteri Basuki Jajal Chopper Jelajahi Kalimantan
Artikel Selanjutnya
Jembatan Musi IV Bakal Rampung Juli 2018