Sukses

Xiaomi Hapus Polling Android One vs MIUI, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kali pertama, Xiaomi merilis smartphone Android One, yakni Mi A1 pada 2017. Smartphone ini pun berhasil menuai respon positif dari pasar.

Menindaklanjuti hal tersebut, beberapa hari lalu, perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut menggelar polling melalui Twitter.

Dalam polling itu, perusahaan mengajak warganet untuk memilih antara tampilan antarmuka (UI, User Interface) MIUI 9 atau Android One.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (12/2/2018), hasil polling ternyata cukup mengejutkan. Android One ternyata memenangkan polling dan mengalahkan MIUI 9 yang notabene merupakan UI besutan Xiaomi. 

Berdasarkan hasil akhir dari 14.769 pilihan, 57 persen memilih Android One, sedangkan 43 persen sisanya memilih MIUI 9. Melihat hasil tersebut, Xiaomi pun langsung menghapus polling.

Pantauan Tekno Liputan6.com, saat ini tweet tersebut sudah tak dapat ditemukan lagi. Beruntung, seorang anggota dari forum Reddit sempat mengabadikan hasil polling tersebut dan mengunggahnya kembali di internet.

Akan tetapi, belum dapat dipastikan alasan resmi Xiaomi memilih menghapus tweet tersebut. Ada kemungkinan, kicauan itu dihapus karena ternyata hasilnya tak sesuai harapan.

Seperti diketahui, MIUI merupakan tampilan antarmuka besutan yang khusus hadir di perangkat Xiaomi. Untuk itu, kemungkinan sulit bagi perusahaan asal Tiongkok itu menerima bahwa produk besutannya sendiri ternyata tak banyak dipilih. 

Di sisi lain, belum dapat dipastikan apakah polling ini sekadar untuk mengetahui respon warganet atau bagian dari riset Xiaomi yang dapat memengaruhi rencana perusahaan terkait MIUI 9 ke depannya. 

1 dari 3 halaman

MIUI 9

Sekadar informasi, MIUI 9 sendiri baru diperkenalkan Xiaomi menjelang akhir 2017. Versi terbaru dari MIUI yang berbasis Android Nougat ini hadir dengan tiga fitur unggulan terbaru.

Dikutip dari GSM Arena, ketiga fitur unggulan di MIUI 9 adalah Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher. Tekno Liputan6.com pun sempat menjajalnya, untuk ulasan singkatnya dapat dilihat di tautan ini

Hingga saat ini, Xiaomi masih secara bertahap menggulirkan pembaruan ini untuk para pengguna perangkatnya. Terbaru, perusahaan juga menyiapkan sistem optimisasi cerdas yang diklaim bakal membuat perangkat bekerja lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Game Booster di MIUI 9

Selain itu, MiUI 9 juga didukung Game Booster yang akan meningkatkan performa perangkat secara keseluruhan saat dipakai bermain gim.

Tak hanya pada Redmi Note 5A, fitur Game Booster juga dipastikan bekerja maksimal pada perangkat yang telah mendapat pembaruan MiUI 9 ROM Global versi stabil.

Pada MIUI, terdapat aplikasi Xiaomi Security yang dapat digunakan untuk membersihkan cache dan melakukan pengecekan keamanan.

Namun pada pembaruan MIUI 9, pengguna akan menemukan menu Tools di Xiaomi Security, begitu digeser ke bawah terdapat opsi Gaming Speed Boost.

Dengan opsi tersebut, memori dibersihkan dengan cepat, sehingga pengguna perlu menambahkan gim yang ingin dimainkan tanpa gangguan.

Nah, untuk membuat permainan gim bebas gangguan, kamu bisa mematikan semua notifikasi, kecuali panggilan masuk.

Usahakan juga untuk menghindari ubah pergantian jaringan internet saat kamu bermain gim dengan jaringan kartu seluler.

(Dam/Jek)

Artikel Selanjutnya
Foto Hands-On Diduga Xiaomi Mi 6X Beredar di Internet
Artikel Selanjutnya
iPhone X Jadi Smartphone Paling Laris di Dunia Per Kuartal 4 2017