Sukses

Kaya Raya, Mengapa Bill Gates Hobi Sumbang Banyak Uang?

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan pasangannya, Melinda Gates selalu fokus melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Setiap tahunnya, Bill Gates dan istrinya menulis surat tahunan. Kali ini, selain bercerita tentang optimisme, mereka juga menjawab tentang Presiden Trump serta alasan mereka menyumbang banyak uang.

"Ada dua alasan. Satu, karena ini adalah pekerjaan yang sangat berarti. Bahkan sebelum kami menikah, kami sering berbicara kelak kami akan menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan filantropi," tulis Gates dalam suratnya, seperti Tekno Liputan6.com kutip dari gatesnotes, Sabtu (17/2/2018).

"Kami berpikir itulah tanggung jawab dasar bagi siapapun yang punya banyak uang. Sekalinya kau bisa mengurus diri dan anakmu, yang terbaik adalah dengan menggunakan kekayaan ekstra untuk memberikannya kembali pada masyarakat," lanjutnya.

Bill Gates mengaku, dirinya sangat senang mengeluarkan banyak uang untuk keperluan masyarakat. "Kami suka menggail sains di belakang kerja kami. Di Microsoft, saya mendalami ilmu komputer. Di yayasan, ilmu komputer plus biologi, kimia, agronomi dan lainnya," tukas pria berkacamata ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dunia Lebih Aman

Bill Gates juga mengeluarkan uneg-unegnya soal keadaan dunia yang berlangsung pada zaman sekarang. Menurutnya, dunia berjalan ke arah yang lebih baik meski banyak tragedi yang berlangsung di sejumlah negara.

"Banyak headline yang berisikan kabar-kabar mengerikan. Setiap hari membawa sebuah cerita berbeda tentang perpecahan politik, kekerasan, atau bencana alam. Walaupun begitu, kami melihat sebuah dunia yang semakin baik."

Ia juga menjamin kalau dunia kini lebih aman ketimbang satu dekade lalu, jumlah anak-anak yang sekolah makin bertambah, dan angka anak-anak yang meninggal berkurang drasis semenjak 1990.

"Namun menjadi seseorang yang optimistis bukan berarti hanya mengetahui bahwa kehidupan dulu lebih buruk. Melainkan mengetahui bahwa hidup dapat bertambah baik. Dan itulah yang membakar rasa optimisme kami," tandasnya.

 

3 dari 3 halaman

Pendapat Pasangan Gates tentang Presiden Trump

Lalu apa pendapat pasangan Gates tentang Presiden AS Donald Trump?

Bill Gates mengatakan, ia seringkali tidak setuju dengan administrasi Trump, akan tetapi dia tetap percaya bahwa kerja sama adalah hal yang penting.

Melinda Gates juga setuju bahwa kerja sama dengan pemerintahan adalah penting, akan tetapi ia menyentil gaya kepemimpinan Trump.

"Aku juga inigin bilang bahwa salah satu tugas dari presiden Amerika Serakan adalah sebagai role model untuk nilai-nilai Amerika di dunia. Saya berharap Presiden kita akan memperlakukan orang-orang, terutama wanita, dengan lebih hormat ketimbang dari caranya berbicara dan bercuit (di Twitter)," kata Melinda.

Melinda juga menekankan pentingnya kesetaraan. Menurutnya, kesetaraan adalah prinsip nasional yang penting. Kehormatan tiap individual, tanpa pandang ras, agama, orientasi seksual, atau gender, adalah bagian dari semangat negara.

"Sang presiden seharusnya memiliki tanggung jawab untuk membuat sebuah contoh bagus dan memperkuat seluruh rakyat Amerika melalui pernyataan dan kebijakannya," pungkas Melinda.

 (Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.