Sukses

Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro Meluncur di India, Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Jika di Indonesia Xiaomi meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, India justru mendapatkan smartphone baru Xiaomi yang di-brand secara berbeda, yakni Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro.

Dilansir dari situs Firstpost, Kamis (15/2/2018), kedua smartphone teranyar Xiaomi itu bisa dibeli lewat situs resmi Xiaomi dan Flipkart pada 22 Februari 2018.

Untuk Xiaomi Redmi Note 5 memiliki dua varian, yang pertama memiliki RAM 3GB dan memori internal 32GB akan dijual seharga 9.999 rupee (setara dengan Rp 2,1 juta).

Sementara untuk varian yang memiliki RAM 4GB dan memori internal 64GB ditaksir seharga 11.999 rupee (setara dengan Rp 2,4 juta).

Xiaomi Redmi Note 5 pro juga hadir dalam dua varian. Varian pertama dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, harganya dimulai dari 13.999 rupee (setara dengan Rp 2,9 juta), sedangkan untuk varian dengan RAM 6GB dan memori internal 64 GB dijual seharga 16,999 rupee (setara dengan Rp 3,6 juta).

Kedua produk Xiaomi ini memiliki kemampuan dual SIM 4G VoLTE. Layarnya memiliki bentang 5,99 inci FHD+ dengan aspek rasio 18:9.

Untuk kamera, Redmi Note 5 dilengkapi kamera belakang 12MP dan kamera depan 5MP dengan LED selfie-light.

Adapun Redmi Note 5 Pro memiliki sistem dual kamera di belakang dengan sensor 12MP dan 5MP yang disusun secara vertiakal. Kemudian, kamera depannya dibekali dengan sensor Sony IMX376 20MP dan LED selfie-light.

Untuk dapur pacu, Redmi Note 5 didukung oleh Qualcomm Snapdragon 625 SoC serta Adreno 506 GPU.

Sementara, Xiaomi Redmi Note 5 Pro ditopang Qualcomm Snapdragon 636 SoC dengan Adreno 509 GPU.

Sebagai informasi, Redmi Note 5 Pro adalah smartphone Xiaomi yang pertama hadir dengan Qualcomm Snapdragon 636 yang disertakan dengan 8x Kryyo 260 processor core.

1 dari 3 halaman

Unjuk Keunggulan

Xiaomi merilis Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia pada 14 Februari 2018. Dalam kesempatan itu, Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, dengan gamblang memperlihatkan keunggulan kedua smartphone tersebut, baik dari sisi harga serta spesifikasi, dan membandingkannya dengan kompetitor.

Steven dalam presentasinya memperlihatkan Samsung J2 Prime dan Oppo A37 sebagai kompetitor utama Redmi 5. Harga jual Redmi 5 memang lebih mahal berkisar Rp 100-200 ribu, tetapi lebih unggul dari segi spesifikasi.

Keunggulan Redmi 5 mencakup ukuran layar lebih besar, yaitu 5,7 inci dengan aspek rasio 18:9, baterai 3.300mAh, serta kapasitas RAM dan memori internal yang lebih tinggi.

Adapun Redmi 5 Plus menjadi penantang Vivo V7+ dan Oppo F5. Ketiganya memang memiliki aspek rasio layar yang sama 18:9, tetapi Steven mengklaim smartphone tersebut lebih unggul terutama dari segi kapasitas baterai.

Kendati demikian, perbedaan spesifikasi Redmi 5 Plus dengan keduanya tidak begitu banyak. Xiaomi bahkan menjualnya dengan harga lebih murah. 

Vivo V7+ dijual berkisar Rp 4,3 juta (RAM 4GB dan memori internal 64GB) dan Oppo F5 Rp 4 juta (RAM 4GB dan memori 32GB), tetapi Redmi 5 Plus lebih murah.

2 dari 3 halaman

Konsumer Menjadi Prioritas Utama

Untuk diketahui, Xiaomi kerap merilis smartphone dengan harga lebih murah daripada kompetitor.

Kendati demikian, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini tidak setuju dengan anggapan strateginya itu "merusak" pasaran harga di industri smartphone.

Steven mengatakan Xiaomi sejak awal sudah berkomitmen merilis produk terbaik dengan harga menarik.

“Sejak awal, kami sudah berkomitmen untuk memberikan produk terbaik dengan harga yang luar biasa untuk konsumen. Kami akan terus melakukan hal tersebut dan kami tidak memikirkan hal yang lainnya,” ungkap Steven.

Xiaomi tidak akan menjadikan kompetitor sebagai prioritas utama. “Kami bekerja selaras untuk menepati janji ke konsumen dan ini filosofi Xiaomi. Kami tidak peduli dengan kompetisi, karena yang kami pedulikam adalah para pengguna yang kami punya,” jelasnya.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Foto Hands-On Diduga Xiaomi Mi 6X Beredar di Internet
Artikel Selanjutnya
iPhone X Jadi Smartphone Paling Laris di Dunia Per Kuartal 4 2017