Sukses

4 Cara Bikin Ngebut Konektivitas WiFi

Liputan6.com, Jakarta - Internet bisa dikatakan sebagai layanan telekomunikasi yang kini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan para pengguna smartphone. Selain mengandalkan paket data dari operator seluler, banyak orang menggunakan WiFi router di rumah untuk terhubung ke internet.

Sama seperti jaringan seluler operator, konektivitas WiFi juga kerap mengalami gangguan. Salah satunya konektivitas yang lambat, sehingga mengganggu kegiatan berselancar di internet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada empat cara sederhana meningkatkan sinyal WiFi tanpa harus mengunduh aplikasi khusus pada smartphone. Berikut ulasannya:

1. Meletakkan WiFi router di ruang terbuka

Cara pertama yang dilakukan adalah meletakkan WiFi router di tempat terbuka. Hal ini diyakini dapat membuat sinya WiFi berjalan dengan baik.

Jika WiFi router diletakkan di lokasi yang berdekatan dengan benda seperti tembok, lemari atau pintu, kemungkinan besar dapat menghambat sinyal. Oleh karena itu, lebih baik letakkan perangkat tersebut di tempat terbuka tanpa ada penghalang di dekatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips 2 dan 3

2. Ganti password WiFi

Penyebab lain sinyal WiFi lelet, kemungkinan karena jaringan kalian telah dibobol oleh seseorang. Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa mengatasi hal tersebut.

Kalian sebaiknya mengganti password WiFi secara berkala dan melengkapinya dengan keamanan yang lebih tinggi.

3. Periksa casing ponsel

Casing ponsel ternyata bisa berperan menghambat sinyal WiFi, sehingga membuat laju jaringan ikut terhambat. Hal ini disebabkan antena WiFi yang ada pada ponsel bisa berada di depan atau belakang bodi, sehingga kemungkinan tertutup casing.

Jika casing ponsel kalian menutupi antena WiFi, sebaiknya buka agar konektivitas bisa berjalan normal kembali.

3 dari 3 halaman

Tips 4

4. Hapus jaringan WiFi lain yang tersimpan

Jika kalian sering mengunjungi tempat yang memiliki layanan WiFi gratis, tentu akan ada banyak data WiFi yang tersimpan. Hal ini disebut dapat memengaruhi kinerja sinyal WiFi pada ponsel.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya hapus daftar WiFi lama yang tidak lagi digunakan pada smartphone. Cara ini bisa membuat sinyal WiFi pada ponsel bekerja dengan lebih baik.

(Din/Isk)

Selamat mencoba!

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.