Sukses

Tiang Tol Becakayu Ambruk, Warganet Turut Prihatin

Liputan6.com, Jakarta - Tiang girder Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang berada di dekat Gardu Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, ambruk pada Selasa dini hari (20/2/2018). Insiden tersebut tak luput dari perhatian para warganet.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Selasa (20/2/2018), Tol Becakayu menjadi salah satu topik terpopuler di situs microblogging Twitter.

Saat berita ini ditulis, Tol Becakayu menduduki posisi ke tujuh sebagai trending topic yang paling populer di Indonesia pada hari ini.

Warganet pun membagikan pendapat mereka dan turut menyesalkan adanya insiden tersebut. Berikut beberapa twit tersebut:

"Tiang Tol Becak Kayu yang diresmiikan Presiden Jokowi roboh, 7 orang luka parah dibawa ke Rumah Sakit. Kejadian kesekian? #askJokowi ?," tulis @Taufiqurokhman_.

"Tiang girder proyek tol becakayu di jl DI Panjaitan Kebon nanas yang runtuh menimpa sejumlah pekerja," tulis @ambarwatidyahs.

"Tol becak kayu roboh lagi, mana ini payung perlindungan para pekerja, kan sudah sering terjadi," demikian cuitan dari @renggakp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Ambruknya Tiang Tol Becakayu

Tiang girder Tol Becakayu di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur, ambruk dini hari tadi. Tujuh pekerja menjadi korban dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati dan RS UKI Cawang.

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Tony Surya Putra, menyampaikan peristiwa tersebut terjadi saat para pekerja melakukan pengecoran pada penyangga tiang Tol Becakayu.

"Tiang pancang itu ada Brekat Timber. Brekat Timber itu fungsinya adalah menyangga pelat yang akan dicor. Namun, pada saat para pekerja memasukkan cor ke dalam tiang pancang tersebut, Brekat Timber terlepas dan jatuh," tutur Tony di Jalan DI Pandjaitan, Jakarta Timur.

Menurut dia, seketika seluruh material cor dan Brekat Timber itu runtuh dan serpihannya menimpa tujuh pekerja di bawahnya. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Enam (orang) mengalami luka-luka tidak terlalu berat, namun ada satu yang agak luka berat, luka pada kepala, dan sudah dirujuk di RS Kramat Jati," jelas Tony.

3 dari 3 halaman

Tol Becakayu Ambruk, Kementerian PUPR Hentikan Semua Proyek Jalan Layang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menghentikan sementara seluruh proyek infrastruktur jalan layang. Penghentian sementara ini, menyusul adanya kecelakaan kerja di proyek jalan Tol Becakayu dan beberapa kecelakaan lainnya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, menjelaskan bahwa berbagai proyek dihentikan sementara hingga kontraktor pelaksana dan pemilik pekerjaan yang bersangkutan mengajukan kembali metode kerja, serta pengawasan prosedur dengan metode yang benar.

"Semua pekerjaan elevated akan kami hentikan sampai masing-masing kontraktor pelaksana dan pemilik pekerjaan mengajukan lagi metode kerja dan pengawasan prosedur," kata Arie.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.