Sukses

Microsoft dan Xiaomi Kolaborasi, Mau Buat Apa?

Kerja sama Microsoft dan Xiaomi ini akan mencakup pengembangan kecerdasan buatan, perangkat keras, dan komputasi awan.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja memastikan diri untuk menjalin kerja sama dengan Xiaomi. Hal itu ditunjukkan dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dua perusahaan di bidang komputasi awan, kecerdasan buatan, serta perangkat keras.

Kerja sama dua perusahaan ini terbilang tak biasa, mengingat kolaborasi antara perusahaan Amerika Serikat dan Tiongkok dalam hal kecerdasan buatan cukup jarang. Namun, berhubung dua perusahaan memiliki pasar besar, kerja sama ini pun wajar dilakukan.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (24/2/2018), Microsoft memungkinkan Xiaomi untuk memanfaatkan produk komputasi awan miliknya, termasuk Azure. Dengan cara ini, proses update yang digulirkan perusahaan dapat dilakukan lebih tertata.

Di sisi lain, kerja sama ini memungkinkan Microsoft untuk meraih pasar yang lebih besar terutama akses ke wilayah Tiongkok. Kedua perusahaan juga berencana mengintegrasikan Microsoft Cortana dengan speaker Mi AI dari Xiaomi.

Microsoft dan Xioami juga dilaporkan tengah dalam pembicaraan untuk proyek yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. Namun, dalam proyek kali ini, keduanya berencana memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan Microsoft yang berbeda.

Beberapa teknologi yang mungkin dimanfaatkan oleh perusahaan tersebut adalah kecerdasan buatan untuk percakapan, termasuk beberapa layanan Microsoft, seperti Bing, Edge, serta Skype.

Mengingat kedua perusahaan sudah menandatangani nota kesepahaman, kolaborasi ini tak mengikat secara hukum. Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah ada urusan finansial terkait kerja sama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Kerja sama ini juga bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, Xioami sudah bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan aplikasi Office masuk dalam perangkat besutannya. 

Lewat kerja sama ini, aplikasi Microsoft akan hadir pre-installed di perangkat Xiaomi ke depannya. Tak hanya itu, Xiaomi juga menyetujui pembelian sekitar 1.500 daftar paten dari Microsoft.

Berdasarkan perjanjian tersebut, aplikasi besutan Microsoft seperti Microsoft Office dan Skype dipastikan akan menjadi aplikasi bawaan perangkat Xiaomi terbaru.

Di samping itu, kerja sama ini ternyata tak sekadar memperkuat lini ponsel Xiaomi yang memakai aplikasi Microsoft. Menurut SVP Xiaomi Wang Xiang, pembelian beberapa daftar paten tersebut memungkinkan Xiaomi untuk memperluas pemasaran produknya.

3 dari 3 halaman

Microsoft Office 2019 Meluncur pada 2018

Terkait Office versi terbaru, Microsoft juga telah mengumumkan jadwal peluncuran dari Office 2019. Aplikasi ini akan hadir dengan deretan layanan "langganan" seperti biasanya.

Aplikasi meliputi Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Exhange, SharePoint, dan Skype for Business. Paket aplikasi ini akan tiba di perangkat PC dan laptop Windows pada pertengahan 2018.

Berbeda dengan Microsoft Office 365 yang mengandalkan sistem penyimpanan berbasis cloud, pengguna Microsoft Office 2019 diberikan opsi untuk tidak menyimpan data dan aplikasinya di dalam cloud.

Microsoft menjelaskan, Office 2019 akan hadir dengan lebih banyak fitur baru dan pembaruan server untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan keamanan. Sayang, Microsoft tidak mengungkap banderol harga untuk paket Office 2019.

Adapun fitur lain yang hadir di Excel, seperti pembaruan formula dan chart, sedangkan PowerPoint akan menghadirkan sejumlah animasi terbaru.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.