Sukses

Samsung Pastikan Smartphone Lipat Bukan Sekadar Gimmick

Meski tak mengungkap detail, DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung, menyebut perusahaan tak main-main dalam mengembangkan seri baru.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa bulan belakangan, kabar mengenai smartphone lipat dari Samsung memang sempat santer terdengar. Namun, hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari perusahaan terkait rencana tersebut.

Terbaru, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung DJ Koh ternyata sempat mengungkap sedikit informasi mengenai perangkat tersebut. Meski tak menyebut secara langsung, Koh memastikan smartphone lipat ini bukan sekadar gimmick. 

Pernyataan itu dilontarkan oleh Koh dalam wawancarannya dengan CNET usai gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018. 

"Saya berkeyakinan saat Samsung akan memberikan pengalaman terbaik saat meluncurkan kategori baru," tuturnya, seperti dikutip dari CNET, Senin (26/2/2018). Meski tak mengungkap informasi detail, Koh memastikan akan menceritakan lebih banyak pada saatnya.

Perusahaan asal Korea Selatan itu memang sejak lama dikabarkan akan meluncurkan smartphone lipat. Bahkan, rumor seputar perangkat ini sempat beberapa kali muncul.

Menurut President of Mobile Communications Business Samsung Electronics, DJ Koh, saat September 2017 Samsung memang berencana merilis perangkat lipat pada 2018.

Koh mengatakan, smartphone lipat direncanakan ada dalam portofolio pada 2018. Jika tidak ada aral melintang, perangkat tersebut akan meluncur tahun ini.

Ini merupakan kali pertama eksekutif Samsung menyinggung soal smartphone dengan layar yang bisa dilipat tersebut.

Akan tetapi, Koh tidak merinci seri smartphone yang akan meluncur dengan konsep layar tersebut. Kemungkinan lain, Samsung bakal menyiapkan seri baru untuk model ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran Seputar Smartphone Lipat Samsung

Menurut kabar, Samsung akan menggunakan nama Galaxy X untuk perangkat ini. Galaxy X diyakini akan menjadi smartphone lipat pertama Samsung.

Sejumlah sumber dari kalangan industri layar menyebutkan Samsung Display telah berhasil mengembangkan panel yang dapat dilipat dengan kelengkungan 1.0R. Artinya, panel tersebut bisa dilipat dengan posisi ke dalam seperti kertas.

Sejauh ini, banyak orang berpendapat bahwa Samsung akan menggunakan berbagai material plastik untuk memproduksi layar lipat tersebut. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu sendiri sudah memiliki berbagai paten teknologi yang berkaitan dengan smartphone lipat.

3 dari 3 halaman

Smartphone Lipat Samsung Galaxy X Mejeng di Situs Resmi

Sebelumnya, seseorang mengaku telah menemukan laman dukungan untuk Galaxy X di situs resmi Samsung. Dikutip dari Forbes, perangkat ini sudah memiliki nomor model sendiri, yakni SM-G888No.

Nomor SM-G888 memang disebut-sebut merupakan kode dari smartphone ini sejak lama, sedangkan tambahan "No" menandakan perangkat ini hanya ada di pasar Korea Selatan.

Informasi ini turut mendukung kabar sebelumnya yang menyebut Galaxy X memang hanya akan rilis di satu wilayah. Melihat Samsung sudah membuka laman dukungan di situsnya, ada kemungkinan perangkat ini siap meluncur dalam waktu dekat.

Akan tetapi, sejumlah pihak memprediksi Samsung tak akan langsung memproduksi massal perangkat ini. Perusahaan asal Korea Selatan itu disebut ingin mengambil pasar berbeda dengan memperkenalkan perangkat anyar ini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.