Sukses

Balita Bikin iPhone Terkunci hingga 47 Tahun

Seorang balita berulang kali memasukkan kode ke iPhone ibunya sehingga membuat smartphone itu terkunci selama 47 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur keamanan iPhone yang unik adalah saat pengguna gagal memasukkan kode kunci beberapa kali, perangkat otomatis melarang pengguna masuk selama beberapa menit. Tampaknya hal ini dilakukan sebagai langkah mencegah upaya buka paksa.

Sayang, fitur keamanan ini justru menjadi hal tak menyenangkan bagi seorang ibu di Tiongkok. Bagaimana tidak, iPhone miliknya terkunci selama 47 tahun.

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (7/3/2018), media Tiongkok melaporkan ibu bernama Lu tersebut menyatakan, mulanya dia meminjamkan iPhone kepada anaknya untuk menonton video edukasi.

Begitu saat pulang ke rumah, ia menemukan iPhone miliknya terkunci selama 25 juta menit atau sekitar 47 tahun.

Rupanya hal ini terjadi karena sang anak terus menerus memasukkan kode untuk membuka kunci iPhone ibunya tetapi gagal. Akibatnya, iPhone miliknya terkunci hingga 25 juta menit.

Diketahui, sang ibu membeli iPhone tersebut di Shanghai. Menurut seorang teknisi bernama Wei Chunlong, hanya ada dua opsi untuk membuka iPhone tersebut, menunggu 47 tahun lagi atau me-reset ulang iPhone dengan konsekuensi data-data di dalamnya bakal hilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tolak Reset Ulang iPhone

Menurut Wei, perempuan itu menolak untuk me-reset ulang iPhone-nya karena tak ingin kehilangan data di dalamnya. "Dalam kasus ini, satu-satunya cara selain menunggu 47 tahun adalah menghapus seluruh data pada iPhone dan melakukan factory reset," kata Wei.

Uniknya, alih-alih mengikuti saran Wei, ibu bernama Lu itu justru ngeyel dan ingin menunggu dua bulan lagi, siapa tahu iPhone-nya bisa terbuka.

Menurut Wei, dalam kasus serupa, pernah ada iPhone yang terkunci selama 80 tahun dan tak ada jalan lain untuk membuka kuncinya selain melakukan factory reset.

"Aku tidak ingin menunggu 47 tahun dan mengatakan ke cucu saya kalau ini salah ayah mereka," ujarnya sembari bercanda.

3 dari 3 halaman

iPhone Hanguskan Rumah Peternakan

Pasangan pemilik rumah peternakan di Kanada, Cathy dan Ian Finley mengatakan iPhone 6 yang sedang diisi daya di dalam rumahnya telah menyebabkan kebakaran hebat dan menghanguskan peternakannya. 

Keduanya pun memutuskan untuk menutup peternakan yang sebelumnya digunakan untuk perkemahan anak-anak dan tur peternakan.

Menurut laporan CBC, tidak jelas penyebab api yang membakar habis peternakan itu, namun petugas keamanan menyebut iPhone 6 sebagai penyebab kebakaran saat sedang diisi daya di ruang tamu.

Petugas setempat menyebut, perangkat rilisan Appe itu mengalami overheating dan membakar kursi kemudian menyulut api di ruangan dan di seluruh rumah.

"Saya bermasalah dengan perangkat itu. iPhone 6 tersebut telah menyulut kebakaran," demikian kata Cathy Finley sebagaimana dikutip dari laporan media.

Finley mengatakan, saat kejadian dirinya sedang berada di luar rumah untuk memberi makan kambing. Hanya berselang sebentar, dia melihat di rumahnya dipenuhi asap.

"Saya ingat, sempat melihat asap. Saat jarak saya sekitar 2 meter dari rumah, udara di sekitarnya sangat panas sehingga saya tak bisa mendekat. Saya sempat membuka pintu tetapi rumah dipenuhi asap. Ponsel saya ada di rumah, jadi saya langsung lari meminta pertolongan ke tetangga," ujarnya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.