Sukses

Tips Mudah Belajar Programming

Google turut berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi digital Indonesia dengan melaksanakan program-program bagi mereka yang ingin menjadi programmer.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang ingin menjadi seorang programmer, bisa mengikuti program khusus yang diselenggarakan Google. Cara mengikuti program ini pun sangat mudah. 

Ada dua program yang Google selenggarakan di Indonesia. Pertama Developer Students Club (DSC) untuk kalangan mahasiswa dan Indonesia Android Kejar untuk peserta umum, termasuk mereka yang tidak punya latar belakang di bidang teknologi.

"Kami percaya bahwa teknologi merupakan faktor kunci dalam mengubah kehidupan orang-orang, dan kami ingin melakukan apa yang bisa kami lakukan untuk berkontribusi terhadap Indonesia yang lebih digital," kata Erica Hanson, Developer Relations Program Manager di Google untuk Asia Tenggara.

Workshop yang diadakan DSC tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga para dosen dan tenaga pengajar.

Pola pengajaran peserta DSC tidak hanya diajarkan membangun aplikasi, melainkan diajak untuk bersinergi dengan masyarakat lokal agar aplikasi yang dibangun dapat menyelesaikan masalah setempat.

Para mahasiswa yang ikut DSC juga mengajarkan softskill dalam pertemuan awal, kemudian barulah diberikan workshop, sebelum dilibatkan di proyek eksplorasi untuk bertemu masyarakat agar membangun solusi lewat aplikasi. Untuk penutup, diadakan juga acara showcase untuk menunjukan karya para peserta.

Sejauh ini DSC sudah melatih 800 mahasiswa dari 60 universitas. Kalau kamu tertarik untuk mengikuti program Google, cek di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Android Kejar

Bila DSC diperuntukan untuk kalangan akademisi, maka Google juga menyiapkan Indonesia Android Kejar untuk kalangan umum secara gratis.

Program akan dilaksanakan secara online dan offline. Peserta juga tidak perlu minder bila tidak punya latar pendidikan di bidang komputer, sebab akan ada pembagian kelas dari yang pemula (beginner), menengah (intermediate), dan lanjutan (advanced).

Bagi peserta pemula akan diperkenalkan tentang sistem Android dan cara membuat aplikasi dengan sistem operasi tersebut.

Rencananya, Indonesia Android Kejar akan dilaksanakan lagi pada pertengahan 2018. Bila tertarik kamu bisa cek di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.