Sukses

Waspada, Ini 5 Tanda Smartphone Kamu Diretas

Bagaimana kita bisa tahu smartphone Android telah diretas? Berikut adalah 5 tandanya yang patut kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Sejalan dengan semakin canggihnya teknologi dan koneksi internet yang semakin mudah di akses, merubah gaya hidup masyarakat di beberapa negara lebih mobile.

Lewat sebuah smartphone, pengguna dapat melakukan berbagai hal mulai dari bertransaksi perbankan, berkirim email, update status di media sosial hingga menyimpan berbagai data penting sekalipun.

Namun, jika kamu berpikir smartphone adalah tempat yang aman untuk menyimpan data-data pribadi, kamu salah besar.

Pasalnya, setiap smartphone memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lantas, bagaimana kita bisa tahu smartphone Android telah diretas? Berikut adalah 5 tandanya sebagaimana dikutip dari Brightside, Senin (12/3/2018).

1. Baterai Smartphone Berkurang Drastis Secara Tiba-Tiba

Ilustrasi: Mengisi daya smartphone dengan powerbank (Sumber: Istock/ Getty Images)

Setiap smartphone memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan smartphone yang dipakai saat ini, kamu pasti hapal berapa lama waktu pemakaian normal hingga baterainya benar-benar habis.

Namun jika tiba-tiba daya baterai kamu berkurang drastis padahal pemakaian biasa-biasa saja, kamu patut waspada. Hal ini bisa terjadi karena ada aplikasi tak dikenal yang berjalan secara background.

Aplikasi itu bisa saja sejenis malware yang bisa mencuri data-data dari smartphone kamu. Terdengar mengerikan, bukan? Solusinya, jangan sembarangan meng-install aplikasi dari sumber yang tak dikenal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Suhu Smartphone Panas Tiba-Tiba

Ilustrasi smartphone overheat (Sumber: CNET)

Seperti poin di atas, tanda lainnya jika ada aplikasi yang berjalan secara background adalah suhu smartphone yang tiba-tiba semakin panas.

Jika ya, tidak ada salahnya jika kamu mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan melalui pengaturan. Bagi pengguna Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > Developer options > Running services.

Apabila kamu menemukan aplikasi tak dikenal, segera hapus dan jangan pernah lagi meng-install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

3. WiFi Aktif dengan Sendirinya.

Saat berada di tempat umum, dan WiFi kamu tiba-tiba aktif sendiri, kamu patut waspada. Hal tersebut bisa jadi kamu sedang disadap. Lewat koneksi WiFi di tempat umum, para peretas bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang mereka inginkan.

 

3 dari 3 halaman

4. Ada Suara Orang Lain Saat Melakukan Panggilan.

Ilustrasi pengguna smartphone. Dok: androidauthority.com

Salah satu tanda smartphone kamu sedang disadap adalah munculnya suara bising dan aneh selama kamu melakukan panggilan telepon.

Kalau itu terjadi, kamu patut waspada, apalagi jika lawan bicara kamu merasa suara panggilan normal-normal saja.

5. Kuota Internet Boros.

Selain daya baterai yang tiba-tiba berkurang drastis, kuota internet yang mendadak jadi boros adalah salah satu tanda ada aplikasi yang sedang mengirim data tanpa sepengetahuan kamu.

Jika kamu kerap menggunakan paket data, kamu pastinya hapal berapa lama biasanya kuota kamu bertahan. Namun jika tiba-tiba menjadi boros, kamu patut waspada dan segera mengecek ada aplikasi apa saja yang ter-install di smartphone kamu.

Reporter: Andry Trysandy Mahany

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.